Ada Cincin Putih di Sekitar Kornea Mata ? Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:15
Ada Cincin Putih di Sekitar Kornea Mata ? Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Bisnis.com, JAKARTA Penglihatan merupakan salah satu dari lima indera yang kita miliki, dan mungkin adalah indera yang paling penting. Ini karena lebih banyak otak yang didedikasikan untuk penglihatan jika dibandingkan dengan pendengaran, sentuhan dan bau yang digabungkan.

Selain membantu manusia untuk dapat melihat sekelilingnya, mata juga bisa melihat apa yang terjadi di dalam tubuh kita. Terutama, cincin putih di mata Anda di sekitar kornea Anda, yang disebut arcus senilis, mungkin merupakan indikasi kolesterol tinggi.

Sebagaimana dikutip dari Halodoc, Rabu (6/10/2021), arcus senilis adalah kondisi yang ditandai dengan terbentuknya batas putih keabuan antara bagian hitam mata dengan bagian putih mata (seperti cincin), tepatnya di sekitar bagian luar kornea yang merupakan penutup tipis mata.

Cincin ini terdiri dari timbunan lemak atau lipid yang mungkin ada di aliran darah akibat peningkatan kadar kolesterol dan masuk ke pembuluh darah di dekat mata.

Dokter mata komprehensif Gary S. Hirshfield, MD, mencatat bahwa memiliki arcus senilis tidak berarti akan berdampak negatif pada penglihatan atau menyebabkan hilangnya penglihatan Anda.

Namun, seperti kondisi kesehatan lainnya termasuk diabetes dan penyakit jantung, tanda-tanda awal dapat ditemukan di mata Anda. Arcus senilis yang dihasilkan dari kadar kolesterol tinggi dapat bertindak sebagai isyarat visual untuk membantu menghindari serangan jantung atau stroke di masa depan.

Melansir Womans World, Rabu (6/10/2021), dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences menunjukkan bahwa itu juga secara luas dianggap sebagai gejala proses penuaan normal.

Sekitar 60 persen orang dewasa berusia 50 hingga 60 tahun diperkirakan mengalami kondisi ini karena pembuluh darah di mata cenderung semakin terbuka seiring bertambahnya usia, memungkinkan kolesterol dan lemak lain terbentuk di sekitar kornea.

Tapi seperti yang dinyatakan, tidak semua merupakan penanda kolesterol tinggi.

Itulah mengapa penting untuk mengunjungi dokter mata Anda untuk pemeriksaan mata tahunan, yang dapat membantu memberikan alasan spesifik mengapa Anda memiliki arcus senilis di satu atau kedua mata Anda dan apa artinya bagi kesehatan Anda. Juga, Anda dapat menjadwalkan tes kolesterol dengan dokter Anda untuk memeriksa kadar Anda.

Jika kebetulan terkait dengan peningkatan kolesterol, beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu mengendalikan kadar tersebut. Sayangnya, saat ini tidak ada pengobatan atau penyembuhan untuk arcus senilis itu sendiri, jadi cincin itu sendiri tidak akan pudar atau hilang jika Anda menurunkan kolesterol.

Artikel Asli