6 Makanan yang `Haram` Dikonsumsi Penderita Maag, Jangan Coba-coba Ya!

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:15
6 Makanan yang `Haram` Dikonsumsi Penderita Maag, Jangan Coba-coba Ya!

Orang-orang yang menderita penyakit maag pasti akan merasakan nyeri dan juga rasa enggak nyaman pada bagian perut ketika penyakitnya kambuh.

Para penderita maag harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa makanan yang justru bisa menyebabkan sakit maag menjadi semakin parah.

Berikut ini beberapa makanan yang pantang dikonsumsi penderita maag. Makanan ini bisa membuat maag mudah kambuh, lho . Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengandung mint

Para penderita penyakit maag perlu menghindari konsumsi makanan mengandung mint. Makanan yang mengandung peppermint memang menyegarkan mulut karena terasa dingin di lidah.

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa makanan ini dapat menenangkan perut ketika sedang bermasalah. Sayangnya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Makanan pedas

Cabai yang membuat makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu komponen kimia yang diketahui bisa merangsang munculnya masalah pencernaan. Itulah sebabnya, makanan pedas menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag.

Makan makanan asam

Makanan asam akan menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag atau memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Asam makanan bisa menciptakan keadaan di dalam perut semakin asam.

Cokelat

Cokelat termasuk dalam kelompok makanan tinggi lemak yang menyebabkan otot di sekitar kerongkongan mengendur, sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Makanan penyebab munculnya gejala maag ini juga mengandung methylxanthine, yang merupakan zat alami yang melemaskan otot jantung dan otot di kerongkongan.

Makanan tinggi lemak

Konsumsi daging berlemak atau makanan yang digoreng, juga bisa memicu gejala maag. Sebab, makanan berlemak lebih lama dicerna sehingga memungkinkan asam diproduksi lebih banyak. Asam lambung yang berlebihan ini nantinya akan mengiritasi lambung dan menimbulkan gejala maag.

Bawang

Tak bisa dimungkiri, bawang putih dan bawang bombay membuat makanan jadi lebih sedap. Namun, bagi orang yang sering kambuh gejala maag, bumbu dapur ini harus dibatasi. Kedua bawang ini mengandung gas yang bisa menyebabkan perut kembung penuh gas.

Nah, itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita maag supaya enggak mudah kambuh. Semoga bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli