4 Tips Meningkatkan Energi Bagi Ibu Menyusui Selain Minum Kopi, Apa Saja Ya?

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:10
4 Tips Meningkatkan Energi Bagi Ibu Menyusui Selain Minum Kopi, Apa Saja Ya?

Ibu menyusui tentunya membutuhkan energi yang lebih besar karena mengurus anak beserta rumah tentunya bukanlah sesuatu hal yang mudah.

Terlebih kopi khususnya kandungan kafeinnya memiliki peran dalam meningkatkan stamina. Sehingga enggak salah kopi kerap dijadikan salah satu minuman untuk menghindari rasa lelah dan penat.

Sejatinya, ibu yang sedang menyusui dibolehkan untuk mengonsumsi kopi atau kafein asalkan dalam batas normal, yakni 200 miligram kafein atau tak lebih dari 4 cangkir.

Alasannya, jika terlalu berlebih dapat berdampak baik pada ibu pun bayi seperti gelisah, sulit tidur, dan rewel. Lantaran, bayi juga bisa mengonsumsi kafein yang diminum oleh sang ibu melalui asi.

Selain menggunakan kopi, ada tips atau alternatif lain yang lebih sehat bagi ibu menyusui untuk meningkatkan energinya selain dengan kopi.

Melansir dari berbagai sumber (6/10/2021), berikut 4 diantaranya.

1. Lebih Banyak Minum

Mengonsumsi air putih merupakan hal penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Jika cairan dalam tubuh tercukupi tentunya akan terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan lemas.

Sehingga penting untuk konsumsi air putih yang banyak agar tubuh ibu lebih berenergi.

2. Penuhi Asupan Gizi Seimbang

Agar tubuh ibu lebih berenergi penting untuk mencukupi asupan makanan dengan gizi seimbang. Baiknya bagi ibu menyusui memenuhi asupan kalori dalam tubuh sebesar 2.300-2.500 kalori perhari.

Seperti rutin mengonsumsi yang mengandung asam lemak omega-3 dan kalsium tak lupa dengan mengonsumsi multivitamin.

3. Olahraga Ringan

Meski merasa lelah dan butuh istirahat sejenak, Moms tetap butuh olahraga ringan seperti berjalan kai atau senam. Hal ini bertujuan agar Moms dapat meningkatkan hormon endorfin dan menurunkan stres.

4. Quality Time

Menyempatkan untuk menikmati waktu yang berkualitas dengan diri sendiri, keluarga, dan teman agar mood dapat membantu meningkatkan semangat, energi, dan memperbaiki mood Moms.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli