Ternyata 5 Makanan Ini Bahaya Dimakan Bareng Nasi, Penyebabnya Bisa...

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:15
Ternyata 5 Makanan Ini Bahaya Dimakan Bareng Nasi, Penyebabnya Bisa...

Nasi merupakan makanan pokok yang pasti dikonsumsi setiap hari. Ini yang membuat nasi sering dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya, seperti ayam, daging-dagingan, hingga sayuran..

Namun, ternyata terdapat beberapa jenis makanna yang tidak bisa dimakan bareng nasi lho. Alasannya, karena kombinasi beberapa bahan makanan yang salah bisa membuat asupan gizi dalam tubuh tidak seimbang.

Kira-kira makanan apa saja yang berbahaya dimakan bareng nasi ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

1. Kentang

Sama seperti nasi, kentang kaya akan karbohidrat. Bahkan, menurut Nutrition Data, satu cangkir kentang rebus (100 gram) mengandung 21 gram karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi nasi dan kentang bersamaan, tentu akan membuat asupan karbohidrat menjadi berlebihan. Selain itu, kamu juga akan cepat merasa kenyang. Karena itulah, hindari atau kontrol porsi makanmu saat mengonsumsi nasi dengan olahan kentang.

Sebaiknya, konsumsi kentang sebagai pengganti nasi atau pelengkap pemenuhan kebutuhan karbohidrat harian, ya!

2. Ubi

Meski terlihat lezat dan bergizi, kombinasi keduanya ternyata bisa membuat asupan karbohidrat menjadi berlebihan. Ubi dikemas dengan 21 gram karbohidrat per 100 gram. Jumlah ini tentunya sama dengan kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang.

Alih-alih mengkombinasikan ubi dengan nasi, konsumsilah ubi sebagai pengganti nasi.

3. Mi

Mi merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Ia pun sering kali disantap bersamaan dengan nasi.

Meski lezat, ternyata kombinasi keduanya akan membuat asupan karbohidrat semakin meningkat. Selain itu, kamu juga akan merasa kenyang lebih cepat.

Ketika makan mi, sebaiknya kamu mengkombinasikannya dengan lauk yang berasal dari protein (baik hewani maupun nabati). Ini berguna supaya gizimu seimbang.

4. Jagung

Jagung sering diolah menjadi lauk pendamping nasi. Seperti dibuat menjadi sup, hingga perkedel.

Sayangnya, jagung juga menjadi biji-bijian yang tinggi karbohidrat. Dalam setiap 100 gram jagung bahkan terdapat 25 gram karbohidrat. Ini berarti, jika kamu mengonsumsi nasi dengan jagung, maka asupan karbohidratmu akan berlebih.

Untuk itu, hindari atau kontrol porsi saat mengonsumsi nasi bersama jagung. Atau lebih aman, kamu bisa mengonsumsi jagung saja dan dikombinasikan bersama makanan lainnya.

5. Makanan yang diolah dengan tepung terigu

Tak bisa dipungkiri, makanan yang diolah dengan tepung terigu memang menggiurkan. Sebagai contoh gorengan hingga ayam goreng tepung yang renyah.

Meski lezat, sayangnya kombinasi keduanya, bisa membuat asupan karbohidrat semakin meningkat. Untuk itu, usahakan memilih lauk yang tidak menggunakan tambahan tepung.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu kombinasikan dengan nasi supaya gizimu seimbang. Semoga bermanfaat ya Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli