4 Makanan yang Menggoyang Lidah, Tapi Sayangnya Bikin Asam Urat Kumat!

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:18
4 Makanan yang Menggoyang Lidah, Tapi Sayangnya Bikin Asam Urat Kumat!

Asam urat jadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat di Tanah Air. Asam urat bisa sangat mengganggu aktivitas lho karena bisa menggangu aktivitas sehari-hari.

Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi dalam beberapa makanan yang dikonsumsi.

Purin juga terbentuk dan dipecah dalam tubuh. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak purin, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Kadar asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urin terlalu asam.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang sangat lezat hingga bisa menggoyang lidah, tetapi bikin asam urat kambuh. Penasaran? Simak ulasan berikut ya!

1. Daging Merah

Meskipun kandungan purinnya tidak terlalu tinggi, daging merah tetap harus dikurangi konsumsinya atau kalau bisa dihindari sama sekali. Daging yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah daging sapi, kambing, babi, dan unggas.

Jika tetap ingin mengkonsumsi daging, disarankan untuk memakan dagingnya saja dan membuang lemaknya.

2. Jeroan

Penderita asam urat pasti sudah tahu, jika mengkonsumsi jeroan secara berlebihan dapat memicu gejala asam urat seperti pegal-pegal dan sulit bergerak.

Jeroan mengandung purin yang tinggi, sehingga harus benar-benar dihindari agar kondisi tidak semakin parah.

3. Ikan

Dengan kondisi laut yang mulai dipenuhi limbah dan racun berbahaya, kamu memang harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi ikan.

Selain karena kondisi laut yang tidak begitu kondusif untuk kualitas ikan dan bisa mengganggu kesehatan, kandungan purin yang cukup tinggi dalam ikan juga tidak baik untuk penderita asam urat.

Ikan yang termasuk ke dalam pantangan bagi orang dengan asam urat adalah tuna, teri, mackerel, dan trout.

4. Seafood

Tidak hanya ikan, enis makanan laut lainnya juga termasuk ke dalam jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, lho.

Beberapa makanan tersebut adalah kepiting, kerang-kerangan, dan telur ikan. Hal ini dikarenakan kandungan purin dalam seafood ternyata cukup tinggi dan dapat memperburuk kondisi asam uratmu.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli