Yang Lagi Promil Catat! Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Ya Kalau Mau Cepat Hamil

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:05
Yang Lagi Promil Catat! Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Ya Kalau Mau Cepat Hamil

Moms, apakah kamu sedang menjalani program hamil (promil)? Jadi, sudah barang tentu sebaiknya kamu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, ya.

Ingat, jika kamu makan makanan yang gak tepat, bisa-bisa mempengaruhi perkembangan janin kamu, lh o, sehingga berpotensi menimbulkan komplikasi. Duh, jangan sampe deh!

Lantas, apa saja pantangan makanan agar cepat hamil? Dikutip HerStory dari berbagai sumber, berikut daftarnya. Yuk scroll, Moms!

1. Makanan kemasan

Salah satu makanan yang haram dikonsumsi Moms yang lagi program hamil adalah jelas makanan kemasan. Sebabnya, makanan ini dapat menganggukesuburandengan menurunkan jumlah cairan pria dan sel telur yang sehat. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindari paparan BPA dengan gak membeli makanan dan minuman kemasan sebagai salah satu pantangan agar kamu cepat hamil, ya Moms!

2. Junk Food

elas banget sih, Moms harus menghindari makanan cepat saji demi kesuksesan program hamil ya. Paslanya, meski memiliki rasa yang lezat, junk food alias makanan cepat sajibisa berdampak buruk terhadap kesuburan pada wanita, lho .

Selain itu,makanan cepat sajidiketahui mengandung phthalate , yaitu bahan kimia yang umum digunakan sebagai bahan baku plastik serta produk pembersih rumah. Dalam kadar tinggi, paparan zat ini dapat memengaruhi hormon dan mengganggu kerja sistem reproduksi.

3. Makanan mengandung lemak trans

Selanjutnya, Mos juga dilarang keras makan makanan yang mengandung lemak trans tinggi ya. Pasalnya, makanan ini dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur) sehingga menyebabkan masalah kesuburan. Lemak trans juga bisa menurunkan sensitivitas insulin, duh!

4. Ikan tinggi merkuri

Asal tahu aja, Moms, merkuri adalah unsur alami yang ditemukan di air laut. Karenanya, beberapa jenis ikan tertentu mengandung merkuri yang sangat tinggi dan gak dianjurkan dikonsumsi.

5. Ikan mentah

Khusus buat Moms penggemar makanan sushi, terutama yang mentah, ada baiknya untuk mengurangi makanan jenis tersebut deh! Karena makanan ini dapat menyebabkan infeksi virus, bakteri, atau parasit, seperti norovirus, salmonella, dan listeria, Moms!

6. Makanan manis

Fyi nih, Moms, kamu juga ternyata harus menghindari segala makanan yang kadar gula tinggi, lho! Sebabnya, makananini dapat menyapu bersih nutrisi yang dibutuhkan Moms untuk hamil. Naiknya kadar gula dalam darah juga bisa meningkatkan insulin dalam tubuh sehingga berdampak buruk pada indung telur atau ovarium.

7. Makanan berkarbohidrat tinggi

Ingat juga ya, Moms, mengonsumsi karbohidrat secara berlebih bisa membuat kamu gak subur, lho! Sebuah penelitian berskala besar membuktikan, semakin banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, semakin tinggi juga risiko infertilitas (ketidaksuburan).

8. Kacang kedelai

Beberapa sumber menyebutkan, fitoestrogen yang dikandung kacang kedelai dapat mengganggu kadar hormon dan masalah kesuburan nih, Moms! Jadi pikir lagi ya kalau mau makan ini.

9. Daging mentah

Sama halnya dengan ikan mentah, daging yang kurang matang atau mentah juga memiliki risiko terkena infeksi dari beberapa bakteri atau parasit, termasuk toksoplasma, E. coli , listeria , dan salmonella . Nah, bakteri ini bakal mengancam kesehatan janin yang memungkinkan bayi lahir mati atau menderita penyakit saraf, cacat, kebutaan, dan epilepsi. Astagfirullah!

10. Kecambah mentah

Kecambah mentah, termasuk alfalfa, lobak, dan tauge juga mungkin terkontaminasi salmonella ya, Moms. Karenanya, disarankan untuk menghindari kecambah mentah sama sekali. Namun, kecambah aman dikonsumsi setelah dimasak.

11. Kacang polong

Sama seperti kacang kedelai, kacang polong mengandung komponen kimia tertentu yang bisa menghambat perjalanan sperma untuk membuahi sel telur. Bahkan, kacang polong sering disebut sebagai KB alami, lho Moms.

Nah itulah deretan makanan yang pantang kamu konsumsi saat sedang program hamil ya, Moms. Jika setelah menghindari konsumsi makanan di atas, menerapkan pola hidup yang aktif dan sehat, serta berhubungan seks secara teratur kamu masih belum juga hamil, sebaiknya konsultasikan dengandokterguna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi kamu atau pasangan, ya Moms.

Semoga infromasinya bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli