Cara Membuat Gulai Pangek Masin Padang, Lezat Bikin Kangen Kampung Halaman

Gaya Hidup | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:01
Cara Membuat Gulai Pangek Masin Padang, Lezat Bikin Kangen Kampung Halaman

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara membuat gulai pangek masin khas Padang yang bisa dibuat di rumah. Masakan khas Sumatera Barat ini terkenal sangat lezat.

Gulai pangek terbuat dari bahan utama ikan. Anda bisa membuat berbagai macam gulai pangek dari tuna, tongkol, tenggiri, kakap, atau ikan mas. Bisa disesuaikan dengan selera.

Untuk membuat gulai pangek dibutuhkan bumbu dan rempah spesial. Salah satu bumbu yang dibutuhkan adalah santan, serai, cabai, daun salam, dan daun jeruk. Sementara bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe.

Gulai pangek bisa dipadukan dengan sentuhan asam, seperti belimbing wuluh atau asam sunti (asam kandis). Gulai pangek paling nikmat disantap dengan nasi putih panas dan sambal merah.

Kali ini, jika tertarik mencicipi gulai pangek khas Padang, Anda bisa membuat di rumah dengan kreasi berbeda. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat gulai pangek? Berikut ulasannya dikutip melalui Instagram @dhiny_gallery , Rabu (6/10/2021).

Bahan:

Ikan tuna/ sejenisnya
3 tahu
1 ons rawit (1/2 dihaluskan)
5 cabai keriting (sesuai selera)
Daun ruku-ruku (boleh skip)
1 lembar daun kunyit
4 asam kandis
500 ml santan kental
400 ml santan encer

Bahan dihaluskan:

10 bawang merah
5 bawang putih
1 ruas jahe
2 ruas kunyit
1/2 ons rawit
Garam

Cara memasak:

1. Campurkan dalam wajan atau kuali: bumbu halus, daun kunyit, daun ruku-ruku, asam kandis, santan kental dan santan encer. Nyalakan api sedang, aduk terus supaya santan tidak pecah.
2. Jika sudah mulai mendidih, masukkan ikan dan tahu aduk.
3. Diamkan sebentar hingga benar-benar mendidih, lalu tambahkan cabai rawit utuh dan cabai merah keriting. Koreksi rasa.

Artikel Asli