Jangan Putus Asa! Nafsu Makan Berlebih Bisa Dikontrol dengan 6 Cara Ini

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:30
Jangan Putus Asa! Nafsu Makan Berlebih Bisa Dikontrol dengan 6 Cara Ini

Nafsu makan berlebih kerap menjadi permasalahan bagi beberapa orang karena bisa membawanya dalam kenaikan berat badan yang bisa jadi berujung pada obesitas.

Terlebih hasrat makan berlebih ini bisa menjadi ketika tubuh sedang dalam kondisi lapar alias perut kosong.

Nafsu makan berlebih enggak cuma terjadi dimana seseorang makan dengan porsi yang besar, melainkan bisa juga setelah makan berat ia memilih untuk mengonsumsi makanan ringan atau mengemil.

Tentunya setelah sadar sudah menghabiskan banyak makanan, rasa penyesalan itu baru tiba.

Faktor pemicunya bisa jadi dikarenakan gaya dan pola hidup yang buruk seperti kurang tidur, jarang berolahraga, atau karena sedang dalam kondisi medis tertentu.

Meski begitu, Beauty jangan dulu merasa putus asa, ya! Melansir dari berbagai sumber (6/10/2021), berikut ini ada sejumlah cara untuk mengatasi nafsu makan berlebih yang bisa banget buat dicoba.

1. Makan Setelah 4 Jam

Jangan pernah lewatkan waktu makan dan mengosongkan perut lebih dari 4 jam. Nafsu makan cenderung akan meningkat ketika jam makannya terlewat dan perut berada dalam kondisi kosong terlalu lama, terlebih jika melewatkan waktu sarapan.

Selalu usahakan makan 3 kali sehari dan jika merasa lapar sebelum waktu makan, bisa mengisi perut dengan cemilan ringan yang sehat seperti buah-buahan.

2. Konsumsi Air Putih

Trik untuk mengatasi nafsu makan berlebih ialah dengan cukupi asupan cairan dalam tubuh. Sebab bisa jadi otak salah mengartikan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh.

Seperti tubuh yang kekurangan cairan justru disalah artikan sebagai rasa lapar yang akhirnya mendorong kita untuk makan. Sehingga ada baiknya untuk mengawali dengan minum terlebih dulu jika perut terasa lapar, jika hilang tandanya tubuh hanya membutuhkan asupan cairan.

3. Tidur yang Cukup

Saat tubuh kekurangan waktu tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan yakni hormon ghrelin dan leptin lebih banyak. Jadi usahakan untuk tidur yang cukup minimal 7 jam ya, Beauty.

4. Olahraga

Olahraga ternyata bisa menekan hormon yang menyebabkan nafsu makan berlebih. Beauty bisa mencobanya dengan berolahraga jalan kaki selama 15 menit atau aktivitas fisik. Selain itu, olahraga juga tentunya bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

5. Biasakan Atur Porsi Makanan

Sebuah penelitian mengatakan seseorang yang mengatur porsi makanannya secara tak langsung akan menjadi terbiasa pada hari berikutnya.

Dengan begitu ada baiknya untuk menekan nafsu makan ini dimulai dengan mengatur porsi makan yang tak terlalu banyak. Tentunya harus berisikan gizi sehat dan nutrisi seimbang, ya!

6. Perbanyak Konsumsi Serat

Tubuh akan sulit mencerna serat yang membuat kita akan merasa kenyang lebih lama. Sebab serat sendiri merupakan salah satu karbohidrat yang membutuhkan waktu lama untuk mencernanya. Sehingga tubuh pun tak mudah merasakan lapar.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli