Mengenal Sus Salamun, Pembawa Acara Televisi Pertama di Indonesia

Gaya Hidup | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:23
Mengenal Sus Salamun, Pembawa Acara Televisi Pertama di Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Nama Sus Salamun sudah menjadi legenda di dunia pertelevisian Tanah Air. Dia merupakan seorang pembawa acara televisi pertama di Indonesia pada 1962.

Pemilik nama asli Raden Ayu Siti Partuti Suskandani Saparman ini mulanya merupakan seorang penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) di Solo. Dia lalu berangkat ke Jakarta untuk menjadi pembawa acara di stasiun televisi nasional Televisi Republik Indonesia (TVRI). Ini menjadi momen Sus Salamun mengukir sejarah sebagai presenter pertama untuk acara Opening Ceremony Asian Games di Jakarta pada 1962.

Berikut ulasan kenangan tentang pembawa acara televisi pertama di Indonesia:

Kenangan tentang Sus Salamun juga disimpan oleh pembawa acara senior, Helmy Yahya. Lewat media sosial Instagramnya, pria 59 tahun ini mengunggah potret Sus Salamun muda yang tampak cantik nan anggun.

Inilah penyiar TVRI perempuan pertama, Sus Salamun, 87 tahun yang mengukir sejarah ketika menjadi presenter Opening Ceremony Asian Games Jakarta 1962, kata Helmy Yahya di postingan Instagramnya pada 2018 silam.

Dia mengenang, saat Sus Salamun menjadi seorang presenter, TVRI masih berlantaikan tanah. Saat itu, TVRI yang kantornya di Senayan masih banyak yang berlantai tanah mengudara pertama kali. TVRI ada karena Asian Games 1962, tulis Helmy Yahya.

Pembawa acara televisi pertama di Indonesia, Sus Salamun. (Foto: YouTube)
Pembawa acara televisi pertama di Indonesia, Sus Salamun. (Foto: YouTube)

Kenangan tentang TVRI di era 1960-an juga sempat diungkapkan Sus Salamun saat dia meraih penghargaan Anugerah Khusus Panasonic Gobel Awards 2018. Dia menceritakan bedanya dunia televisi di awal berdiri dan di zaman sekarang.

Begitu indahnya gedung ini dibandingkan era 1962 yang semuanya masih serba tanah, masih kabel di mana-mana, cari untuk dekorasi saja (harus) mencari di luar studio. Masuk ke sini, cantik semua, bagus semua, indah semua, kata Sus Salamun di panggung acara Panasonic Gobel Awards 2018, seperti dikutip dari kanal YouTube RCTI Entertainment, Rabu (6/10/2021).

Sayangnya, dua tahun setelah menerima penghargaan tersebut, Sus Salamun mengembuskan napas terakhirnya pada 12 Desember 2020. Kabar duka itu kembali disampaikan oleh Helmy Yahya di akun Instagramnya.

Selamat jalan Ibu Soes Salamun, pembawa acara televisi pertama di Indonesia pada 1962! Semoga husnul chotimah! Al fatehah! Teriring rasa hormat kami kepada Ibu yg membuka jalan kepada sebuah profesi baru kala itu, penyiar televisi. Teringat kenangan saat mengundang Ibu ke ulang tahun TVRI dan juga membacakan profile Ibu saat menerima Panasonic Award unt katagori Lifetime Achievement Award ! Semoga keluarga yg ditinggalian diberi ketabahan! tulis Helmy Yahya di Instagramnya pada 12 Desember 2020.

Artikel Asli