5 Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Serial Squid Game, Bertahan Hidup Demi Uang?

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:15
5 Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Serial Squid Game, Bertahan Hidup Demi Uang?

Serial netflix asal Korea Selatan Squid Game hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat khalayaknya.

Selain karena mengangkat kisah dari permainan anak-anak, Squid Game juga mengisahkan tentang kerasnya hidup akan uang dan rela melakukan apapun demi uang.

Squid Game menceritakan tentang kisah orang-orang yang terlilit hutang untuk melakukan sebuah permainan anak kecil yang ternyata harus menyingkirkan lawan dengan cara dibunuh alias mempertaruhkan nyawa.

Siapa yang bisa bertahan hidup sampai permainan berakhir, dialah pemenangnya yang mendapatkan uang sebesar 45,6 miliar Won.

Meski begitu tragis dan sadis karena berlumuran darah, Squid Game tetap menyajikan pesan moral tentang pelajaran hidup yang penting untuk kita ketahui dan pahami.

Melansir dari berbagai sumber (6/10/2021), berikut 5 diantaranya.

1. Siapapun Bisa Menjadi Musuh

Tak pandang bulu, dalam serial ini kita begitu jelas menyaksikan siapapun bisa menjadi musuh baik itu keluarga dan sahabat sendiri.

Pada situasi ini jelas sekali pesan yang ingin disampaikan ialah kita harus bisa percaya diri dan yakin pada diri sendiri serta jangan mudah percaya pun bergantung pada orang lain.

2. Berhutang Bukan Solusi

Para pemain Squid Game memiliki latar belakang yang sama, yakni permasalahan tentang uang dan hutang. Pelajaran yang bisa kita petik yakni, memutar hutang bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah.

Justru bisa jadi menambah masalah jika kita memang tak memiliki pekerjaan atau pendapatan yang pasti. Lantaran memilih tutup lubang gali lubang.

3. Prioritaskan Kebutuhan Bukan Keinginan

Pemain utama dalam serial ini yakni Gi Hun yang terlilit hutang dan senang berjudi untuk memenuhi keinginannya bukan kebutuhannya.

Alih-alih mendapatkan pinjaman bahkan rela mengklaim asuransi dari sang ibu untuk kebutuhannya dan mencari pekerjaan, ia justru kembali terjebak pada keinginannya yang senang berjudi.

4. Jangan Serakah

Hal yang menonjol lainnya selain hutang dari serial ini ialah tentang keserakahan manusia. Untuk bisa bertahap hidup, para pemain rela melakukan apapun demi keselamatannya karena sudah digulung rasa menyesal berada di permainan ini demi uang.

Secara tak langsung, Squid Game ingin menyampaikan pesan bahwasannya serakah tentang uang tak akan menghasilkan apapun selain penyesalan yang begitu besar.

5. Arti Pentingnya Uang

Melihat nominal hadiah yang begitu tinggi juga hutang-hutang para pemain, kita bisa belajar kalau uang juga penting dalam kehidupan ini. Dengan begitu, agar tak terjerat hutang kita harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Selalu prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli