Cek Deh! Profesi Ini Paling Berisiko Kena Kanker, Kamu Termasuk Beauty?

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:25
Cek Deh! Profesi Ini Paling Berisiko Kena Kanker, Kamu Termasuk Beauty?

Beauty, tahu gak, ada banyak hal yang menyebabkan seseorang berisiko menderita kanker, salah satunya profesi. Ya, beberapapekerjaannyatanya memiliki risiko kesehatan lebih besar daripada yang lain, termasuk kanker. Aduh!

Nah berikut beberapa pekerjaan yang membuat kamu berisiko tinggi terserang kanker, dikutip dari berbagai sumber , adakah pekerjaan kamu di sini, Beauty ?

1. Menikur dan pedikur

Menurut sebuah penelitian, salah satu yang berrisiko kena kanker adalah orang yang bekerja di industri perawatan kecantikan. Adapun, limfoma dan mieloma adalah jenis kanker yang paling umum dilaporkan, yang disebabkan karena terlalu banyak bahan kimia yang digunakan untuk mengecat, membersihkan, dan mengeraskan kuku. Formalin dan titanium dioksida yang digunakan dalam cat kuku dan bubuk saat dihirup juga dapat menurunkan kekebalan tubuh, lho.

2. Pekerja shift

Berikutnya, orang yang bekerja shift malam ternyata juga memiliki risiko tinggi terkena kanker karena gangguan yang disebabkan oleh ritme sirkadian. Nah, ketika eseorang bekerja shift malam, siklus tidur tubuh dan fungsi normalnya terganggu, sehingga berisiko kena kanker payudara, lho . Tak hanya itu, hal ini pun akan menimbulkan risiko kanker paru-paru pada pria, serta peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Alamak!

3. Pekerja kantoran

Menurut sebuah penelitian di 2009 juga menyebutkan bahwa pekerjaan yang lebih banyak menghabiskan waktu duduk di meja berisiko menderita kanker dan kematian lebih tinggi daripada profesi lain, lho. Berdasarkan laporan The American Cancer Society ,orang yang sering duduk lebih dari 6 jam per hari memiliki tingkat risiko kematian 19 persen lebih tinggi. Aduh!

4. Pilot dan kru penerbangan

Selanjutnya, para peneliti juga memaparkan bahwa pilot dan awak pesawat mendapatkan overexposure untuk UV dan radiasi kosmik. Pasalnya, mereka berada di ketinggi yang lebih tingi untuk waktu yang lama. Sehingga dapat meningkatkan risiko kanker lebih lanjut.

5. Pekerja Tambang

Seperti kita ketahui bahwa pekerja tambang sangat mungkin untuk bersentuhan dengan uranium dan radon. Nah, kedua bahan tersebut menyebabkan risiko kanker paru-paru makin tinggi, lho Beauty!

Bahkan, Institut Kanker National menemukan adanya penyebab sekunder seperti merokok dan peningkatan paparan terhadap knalpot diesel di lingkungan kerja pertambangan yang juga mengarah kepada peluang risiko kanker paru-paru.

6. Teknisi Radiologi

Selanjutnya, teknisi radiologi melakukan layanan kesehatan yang membantu mendiagnosis penyakit serius juga rawan terkena kanker, lho. Penelitian menunjukkan teknisi radiologi berada pada peningkatan risiko kanker tiroid. American Thyroid Association menemukan peningkatan risiko kanker tiroid 1,5 kali lipat di kalangan teknologi yang menahan pasien untuk prosedur sinar-X setidaknya 50 kali.

7. Sopir

Kemudian, Badan Internasional untuk Penelitian kanker juga telah membuktikan bahwa asap diesel dari knalpot bersifat karsiogenik di alam. Oleh karena itu, para driver atau sopir sangat rentan mengihirup asap tersebut dan risiko mengidap kanker paru-paru semakin besar. Belum lagi jika mereka harus terkena macet dan berjam-jam dipaksa mengirup udara yang gak sehat.

8. Pekerja industri logam

Selanjutnya, profesi yang rentan terkena kanker adalah pekerja seperti pengrajin logam, las, dan sebangsanya. Ya, mereka ternyata berisiko terkena penyakit ginjal dan kanker laring. Sebuah penelitian rinci telah membuktikan bahwa wanita yang menekuni bidang ini memiliki risiko 75 persen lebih besar terkena kanker payudara.

9. Pekerja industri plastik

Jangan salah, ternyata pekerja di industri ini ternyata juga berbahaya. Meskipun terdengar pekerjaan yang sepele dan berhubungan dengan plastik, namun mereka yang bekerja di sini sangat rentan terhadap liver, ginjal, dan kanker laring. Ini dikerenakan oleh overexposed debu kayu, kadmium, dan banyak asap beracn lainnya. Duh!

10. Penata rambut

Mungkin kita pikir seorang penata rambut begitu steril dan cantik, ya? Tapi jangan salah. Para penata rambut ini gak bisa diremehkan, lho . Mereka akan terus terkena bahan kimia berbahaya yang terdapat pada pewarna rambut, dan obat-obat lain yang digunakan untuk merawat rambut. Risiko besar mengintai pada infeksi kandung kemih, kanker laring, dan paru-paru. Waduh!

11. Pekerja konstruksi

Nah berikutnya, salah satu jenis kanker yang paling umum mempengaruhi pekerja konstruksi adalah kanker kulit. Pasalnya, mereka hampir selalu terkena sinar matahari selama berjam-jam, Beauty. Mesothelioma, kanker paru-paru adalah jenis lain dari risiko kanker yang mempengaruhi pekerja konstruksi. Disebabkan karena inhalasi asbes, biasanya dilaporkan pada pekerja industri yang berurusan dengan asbes.

Nah itulah beberapa jenis profesi yang diyakini berisiko tinggi terkena kanker, Beauty. Meski begitu, perlu kamu ingat ya, bukan berarti profesi lainnya pun tak bisa lepas dari incaran kanker. Karenanya, sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan, berolahraga, menjaga pola makan, dan tidur teratur. Semoga bermanfaat, ya Beauty !

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli