Hati-hati, Golongan Darah A Harus Hindari 3 Buah Ini, Bahayanya Bisa Serius!

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:00
Hati-hati, Golongan Darah A Harus Hindari 3 Buah Ini, Bahayanya Bisa Serius!

Golongan darah A merupakan salah satu jenis golongan darah yang mudah ditemui. Golongan darah A juga banyak memiliki kecocokan dengan beragam makanan sehat bagi tubuh, terutama buah-buahan.

Tubuh pemilik golongan darah A paling serasi dengan makanan vegetaris, yakni makanan serba nabati.

Dengan begitu, kamu bisa dengan lebih leluasa mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan untuk menunjang kesehatan. Bahkan kamu pun disarankan mengosumsi buah sedikitnya 3 porsi per hari.

Di mana, satu porsi sama dengan satu buah atau 100-150 gram buah karena bagi pemilik golongan darah A, buah adalah makanan pembentuk basa (alkaline forming) yang menyehatkan.

Namun, terdapat buah-buahan yang harus diwaspadai oleh golongand arah A karena efeknya bisa membahayakan.

Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

Buah yang dilarang untuk dikonsumsi terlalu sering oleh pemiliki golongan darah A

Meski pada dasarnya tidak ada buah yang harus dipantang. Namun, pemilik golongan darah A tetap perlu mewaspadai beberapa jenis buah yang bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan kesehatan.

Melansir Buku Resep Hidangan Sehat Alami Selera Indonesia: Diet Sehat Golongan Darah A (2015) oleh Wied Harry Apriadji, Ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS), Dr. Peter J. DAdamo, mengingatkan bahwa sebaiknya pemilik golongan darah A berhati-hati dengan empat buah berikut ini, diantaranya:

- Pisang

- Mangga

- Jeruk

- Pepaya

Efek Mengonsumsi Buah yang Dilarang untuk Golongan Darah A

Keempat jenis buah tersebut pasalnya dapat mencetuskan gangguan kesehatan, terutama pada saluran pencernaan, mengingat kandungan lektinnya cukup tinggi.

Lektin merupakan sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh. Protein ini diketahui tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Padahal, jika dibandingkan dengan pemilik golongan darah jenis lain, para pemilik golongan darah A memiliki tubuh yang cenderung lebih sensitif terhadap kandungan lektin dalam makanan.

Lambung pemiliki golongan darah A lebih sedikit memproduksi asam lambung, sehingga kemampuannya dalam mencerna makanan berat khususnya, sangat terbatas.

Dr. Peter J. DAdamo bahkan mengutarakan, buah jeruk keprok bisa saja menyebabkan iritasi lambung dan menghambat penyerapan beberapa mineral penting pada pemilik golongan darah A.

Namun, bagi orang Asia yang sudah terbiasa mengonsumsi buah-buahan tropis, boleh jadi pandangan tersebut tidak menimbulkan masalah.

Hanya, apabila pisang, mangga, jeruk orange atau jeruk keprok, dan pepaya terbukti benar bisa mendatangkan gangguan kesehatan, para pemilik golongan darah A lebih baik mulai membatasi konsumsi buah-buahan itu.

Selain empat buah tadi, para pemilik golongan darah A juga disarankan untuk bisa mewaspadai buah-buahan yang berkadar air telatif rendah.

Mulai dari durian, nangka sampai cempedak. Buah-buahan itu dijelaskan pada umumnya kaya lektin yang bisa berpotensi mengganggu sistem pencernaan pemilik golongan darah A.

Itulah beberapa buah-buahan yang harus dihindari oleh golongan darah A jika tak ingin terkena dampak buruknya.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli