Awas Komplikasi! Ini 4 Gejala Awal Diabetes yang Harus Diwaspadai

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:10
Awas Komplikasi! Ini 4 Gejala Awal Diabetes yang Harus Diwaspadai

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik. Diabetes tipe 2 merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Pasalnya ketika kamu sudah divonis menderita diabetes, penyakit ini akan diderita seumur hidup karena tak bisa sembuh.

Diabetes tipe 2 telah mengalami peningkatan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu menyebabkan munculnya kekhawatiran atas komplikasi kesehatan yang terkait.

Jika tak ditangani dengan serius, kondisi ini bisa membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui gejala awal penyakit diabetes, berikut diantaranya:

1. Mudah merasa haus dan lapar

Merasa lebih mudah haus dan lapar adalah salah satu gejala awal diabetes. Gejala mudah haus sendiri merupakan akibat dari sering buang air kecil yang lambat laun bisa menyebabkan dehidrasi.

Kemudian, perasaan mudah lapar sendiri timbul karena penderita diabetes seringkali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi.

2. Sering buang air kecil

Gejala awal lainnya adalah sering buah air kecil. Hal ini terjadi karena ketika kadar gula darah tinggi. Itu membuat ginjal akan mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah.

Inilah yang dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

3. Kesemutan hingga nyeri di tangan dan kaki

Penderita diabetes tipe 2 juga kadangkala merasa kesemutan, mati rasa, hingga nyeri di bagian tangan atau kaki.

Hal ini disebabkan kadar gula darah yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan merusak saraf tubuh.

Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki.

Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

4. Merasa sangat lelah

Gejala awal lainnya yakni selalu merasa lelah. Penyakit diabetes tipe 2 ini memang berdampak pada tingkat energi seseorang.

Kelelahan ini dapat terjadi akibat tidak cukupnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Ini pula yang menyebabkan timbulnya perasaan selalu lapar.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli