Gejala Hormon Testosteron yang Tinggi pada Wanita

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 00:35
Gejala Hormon Testosteron yang Tinggi pada Wanita

Testosteron merupakan hormon seks yang ditemukan pada laki-laki dan diproduksi di ovarium wanita dalam jumlah yang kecil.

Wanita dapat menghasilkan kadar normal sekitar 15 dan 70 ng/dL. Tingkat hormon yang diproduksi dalam tubuh bermacam-macam atau bervariasi setiap harinya. Umumnya, tingkat testosteron bisa mencapai kadar tertinggi di pagi hari.

Gejala jumlah testosteron yang berlebihan pada wanita

Testosteron yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai gejala yang berpengaruh pada penampilan fisik wanita, yaitu berikut:

Kadar testosteron yang sangat tinggi pada wanita bisa memicu kondisi seperti obesitas dan infertilitas.

Berbagai penyakit dan gangguan hormonal dapat menyebabkan perubahan hormonal pada wanita dan meningkatkan jumlah testosteron pada wanita. Beberapa penyebab kondisi yaitu bisa mencakup sindrom ovarium polikistik, hirsutisme atau hiperplasia adrenal kongenital.

Hirsutisme

Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan rambut yang tebal pada wanita di bagian tubuh yang biasanya tumbuh pada pria.

Ini merupakan kondisi hormonal yang terkait dengan genetika.

Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal lainnya yang disebabkan oleh kelebihan hormon androgen pada wanita. Jika Anda memiliki kondisi ini, Anda mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur dan berkepanjangan serta pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dan ovarium membesar yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hiperplasia adrenal kongenital

Istilah ini diberikan untuk sekelompok kelainan bawaan yang berpengaruh pada kelenjar adrenal. Kelenjar ini mengeluarkan hormon kortisol dan aldosteron, yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup tertentu selain pengobatan medis atau perawatan hair removal. Memulai berolahraga dan mengikuti program penurunan berat badan dapat membantu mengelola kondisi ini. Beberapa wanita juga dapat memilih pengobatan seperti mencukur atau memutihkan rambut serta menggunakan pembersih wajah untuk jerawat dan kulit berminyak.

Artikel Asli