5 Tips Menjajal Bisnis Katering Agar Cuan

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 17:04
5 Tips Menjajal Bisnis Katering Agar Cuan

Bisnis.com, JAKARTA Permintaan bisnis katering semakin meningkat terutama saat pandemi. Selain itu, bisnis katering dapat memberikan potensi keuntungan yang lumayan dan cocok bagi Anda jika memiliki hobi memasak.

Namun, bisnis katering tidak akan sukses jika Anda hanya memiliki keterampilan dalam memasak. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Untuk itu, berikut 5 tips yang perlu Anda perhatikan, yang dilansir dari Hashmicro (19/08/19).

1.Tentukan target pasar Anda

Dengan menentukan target market pasar, maka dapat lebih mudah menyesuaikan modal yang Anda butuhkan. Anda dapat menentukan seperti menu yang berfokus untuk program diet, untuk karyawan kantor, dan untuk mahasiswa.

Jika Anda pemula dan tidak memiliki modal yang besar, maka tidak ada salahnya membidik pasar yang lebih kecil. Ketika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, Anda dapat mencoba memperluas dan mencoba menawarkan bisnis Anda ke kantor dan sejenisnya.

2. Lakukan penelitian

Riset merupakan hal yang paling terpenting. Banyak pemilik bisnis pemula yang mengabaikan tahap ini. Padahal dengan mengabaikan tahapan ini, maka Anda akan sulit untuk menemukan pelanggan. Kecerobohan dalam menentukan harga juga dapat membuat Anda akan kehilangan pelanggan. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan penelitian yang meliputi memantau pesaing, pemasok dan pemantauan harga pasar.

3. Temukan pengalaman

Memiliki bisnis katering tidak hanya harus memiliki kemampuan memasak, namun juga mengenai manajemen keuangan, pengelolaan karyawan dan manajemen persediaan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari pengalaman dengan bekerja di bisnis serupa.

4. Siapkan modal dan peralatan

Anda membutuhkan modal untuk menyewa tempat, membeli peralatan masak, membayar gaji karyawan dan membeli bahan-bahan saat menjalankan bisnis katering. Jika Anda sebelumnya sudah melakukan penelitian, memiliki pengalaman dan memiliki modal, maka akan lebih mudah untuk memulai bisnis Anda.

5. Merekrut karyawan

Saat memulai layanan katering sendiri, mungkin Anda bisa menjalankan bisnis sendiri atau dengan bantuan keluarga. Namun tidak demikian jika yang Anda layani adalah kantor atau upacara pernikahan. Pada level tersebut, maka Anda sebaiknya dapat merekrut karyawan.

Lakukanlah persiapan sebaik mungkin sebelum memulai bisnis yang Anda jalankan. Dengan mempersiapkan dengan matang, maka Anda dapat menjadikan sebagai potensi bisnis yang menguntungkan, yang juga sesuai dengan passion Anda.

Artikel Asli