4 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Tipes, Bukan karena Terlalu Kecapean!

herstory | Gaya Hidup | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 14:20
4 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Tipes, Bukan karena Terlalu Kecapean!

Kita mungkin selalu mendengar anggapan, terlalu kecapean karena memaksakan diri untuk bekerja bisa berujung pada sakit tipes atau demam tifoid.

Padahal sejatinya, penyebab dari sakit tipes karena adanya bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh dan akan langsung berkembang dengan cepat.

Akibatnya tubuh akan mengalami kenaikan suhu, nyeri perut, diare, atau sembelit. Jika tak segera ditangani, kondisi tersebut akan menimbulkan komplikasi penyakit seperti usus yang pecah atau pendarahan dalam tubuh.

Bakteri Salmonella typhi umumnya ditemukan pada makanan, minuman, dan lingkungan yang tak higienis.

Melansir dari berbagai sumber pada Senin (4/9/2021), berikut ini empat kebiasaan yang justru bisa menyebabkan tipes.

1. Jajan Sembarangan

Jajan sembarangan ditambah kondisi tubuh yang sedang lemah dapat memungkinkan demam tifoid akan menyerang. Mengingat jajanan yang ada di luaran sana belum tentu terjamin akan kebersihannya, serta kebersihan diri kita baik sebelum maupun sesudah mengonsumsinya.

2. Toilet yang Kotor

Bakteri penyebab tipes sejatinya bisa bertahan sekalipun pada feses penderitanya. Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada jika menggunakan toilet umum sebelum dan sesudah menggunakannya dengan disiplin mencuci tangan. Pasalnya, bakteri akan semakin cepat berkembang biak pada lingkungan yang kotor.

3. Konsumsi Air yang Kotor

Penularan penyakit tipes sejatinya dapat melalui segala hal yang berkaitan dengan lingkungan yang kotor. Terlebih pada minuman, sebab tanpa disadari bisa jadi kotoran dari penderita tipes mencemari air minum yang kotor.

Beauty juga harus lebih memperhatikan jika senang dengan minuman dingin. Lantaran es batu tersebut yang pada pedagang kaki lima khususnya, bisa jadi mengantarkan bakteri penyebab tipes.

4. Tidur di Lantai

Meski terasa dingin atau sejuk, tiduran di lantai juga ternyata bisa menyebabkan tipes yang dikarenakan bakteri rickettsia typhi yang ditularkan kutu loncat dari tikus.

Nah dengan begitu, penting banget ya Beauty untuk selalu menjaga kebersihan demi kesehatan yang lebih baik.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli