Ternyata Ini Bahaya Makan Taoge Mentah, Jangan Dilakukan Lagi Moms!

herstory | Gaya Hidup | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 09:15
Ternyata Ini Bahaya Makan Taoge Mentah, Jangan Dilakukan Lagi Moms!

Tauge atau yang biasa disebut toge merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di pasar dan juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Tauge pun jadi makanan yagn sering dikonsumsi oleh banyak orang karena mudah untuk diolah.

Selain itu, tauge juga memiliki vitamin B,C,B1,B6,K,E,A yang baik untuk tubuh.

Tapi ternyata makan tauge mentah-mentah bisa menimbulkan banyak risiko kesehatan yang akan terjadi pada tubuh, lho. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Senin (4/10/2021).

Bahaya Makan Tauge Mentah

Menurut Profesor Ahmad Sulaeman, ahli gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kompas Lifestyle. Aman tidaknya tauge mentah untuk dimaka ternyata tergantung pada kualitas sanitasi dan air yang digunakan saat mencucinya.

Air yang mengandung bakteri bisa membuat tauge menjadi tidak sehat. Selain dari air, bakteri juga bisa muncul dari peralatan yang digunakan, seperti keranjang bambu yang jarang dibersihkan, serta kondisi kebersihan orang yang membuat tauge.

Kalaupun ingin mengonsumsinya secara mentah, Ahmad menganjurkan untuk mencuci bersih tauge terlebih dahulu supaya bebas dari Salmonella, E. coli dan Listeria.

Setelah itu, air yang digunakan dalam perendaman atau pengecambahan harus memenuhi standar baku air minum. Apabila hal-hal tersebut tidak dipenuhi, risiko tauge mengandung bakteri berbahaya tentu sangatlah besar.

Akibatnya, bisa berupa penyakit infeksi terutama gastroenteritis seperti salmonellosis, demam tipes, dan sebagainya.

Namun, jangan khawatir Moms karena selama proses pengencambahan sesuai prosedur operasi standar, tauge mentah aman untuk dimakan. Bahkan, tauge mentah lebih baik dikonsumsi supaya mendapatkan manfaa dari kecambah tersebut.

Namun, jika Moms tidak yakin apakah proses tersebut bersih atau tidak, baiknya direbus dulu ya!

Manfaat Air Rebusan Tauge

Tauge yang diolah menjadi air rebusan tauge bisa memiliki sederet manfaat lho, diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama adalah menurunnya berat badan usai rutin minum air rebusan tauge. Ini karena tauge mengandung banyak serat dan ketika direbus, maka ada beberapa kandungan serat tersebut yang beralih ke air rebusannya. Minum air rebusan tauge pun dipercaya membuat perut kenyang tahan lama.

2. Menambah kesuburan pria dan wanita

Bukan cuma untuk wanita, pria pun bisa merasakan manfaat air rebusan tauge, yaitu menambah kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini cocok untuk pasangan yang sedang menjalankan program punya anak. Pasalnya, air rebusan tauge memiliki kandungan asam folat, vitamin E, dan protein yang bagus untuk kesehatan reproduksi.

3. Mencegah anemia

Karena tauge mengandung zat besi, tak salah bila air rebusan tauge bisa mencegah anemia. Ini karena kandungan zat besinya tertinggal di air rebusannya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, minum air rebusan tauge juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membuat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Ini karena tauge memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan.

5. Melancarkan peredaran darah

Rutin minum air rebusan tauge bisa menjaga kesehatan sel darah merah agar tetap normal dan seimbang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Rutin minum air rebusan tauge bisa menguban kolesterol jahat menjadi kolesterol baik yang bagus untuk kesehatan jantung.

7. Melancarkan pencernaan

Tauge juga banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan kita. Itulah sebabnya jika kamu sedang mengalami masalah pencernaan minum saja air rebusan tauge.

Jika mau membuat air rebusan tauge di rumah, cukup siapkan segenggam tauge dan didihkan air di panci atas kompor. Setelah itu masukkan tauge yang sudah dicuci bersih ke dalam panci yang berisi air, tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, pisahkan antara tauge dan airnya. Minum selagi hangat.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli