Penelitian: Agar Gula Darah Aman Terkendali, Penderita Diabetes Wajib Sarapan pada Pukul...

herstory | Gaya Hidup | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 08:00
Penelitian: Agar Gula Darah Aman Terkendali, Penderita Diabetes Wajib Sarapan pada Pukul...

Penyakit diabetes biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak baik. Makanya, untuk menjaga kadar gula darah tetap aman, penderita diabetes harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Enggak hanya memerhatikan asupan makanan, penderita diabetes juga perlu tahu waktu terbaik untuk menyantap sarapan pagi agar gula darah tetap aman terkendali.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk penderita diabetes sarapan pagi?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa strategi diet populer yang disebut makan dengan batasan waktu dapat meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

Penelitian tersebut juga mengungkapan bahwa resistensi insulin sebenarnya meningkat dengan interval yang lebih pendek. Sementara itu, jumlah glukosa darah enggak berayun secara signifikan.

Dalam studi terbaru menunjukkan kala sarapan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme lainnya. Hasil studi tersebut juga mengatakan bahwa orang yang sarapan lebih awal memiliki kadar gula dan resistensi insulin yang lebih rendah.

Studi yang dipresentasikan baru-baru ini pada pertemuan tahunan Endocrine Society menganalisis data diet dan glukosa puasa serta insulin.

Survei pada studi tersebut dilakukan secara representatif secara nasional terhadap 10.575 orang dewasa. Hasilnya, para peneliti dari Northwestern University dan University of Illinois Chicago menemukan bahwa orang yang sarapan lebih awal memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Dalam studi tersebut diungkapkan bahwa sarapan pada pukul 08.30 ternyata memiliki resistensi insulin yang lebih rendah dibandingkan orang yang sarapan di atas jam tersebut.

Peningkatan glukosa darah dan resistensi insulin yang membantu mengatur gula darah adalah dua penanda pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli