Mengapresiasi Karyawan dengan "Reward Management"

koran-jakarta.com | Gaya Hidup | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 00:00
Mengapresiasi Karyawan dengan "Reward Management"

Pertanyaan:
Bu Rossa, sebagai karyawan saya mengetahui dan merasakan pentingnya mendapat penghargaan dari atasan dan rekan-rekan atas capaian yang telah diraih. Selama ini perusahaan kami secara spontan saja mengapresiasi setiap prestasi terbaik karyawannya. Setelah saya dimutasi ke divisi HRD, saya berpikir untuk mengusulkan sebuah sistem yang baku dalam memberikan penghargaan kepada karyawan agar konsisten dan adil.
Mohon penjelasan Bu Rossa apa saja manfaat dan pentingnya reward management untuk saya dapat meyakinkan pimpinan perusahaan.
Jawaban:
Memberikan penghargaan kepada karyawan atas kinerja unggulnya tentu akan membuat karyawan merasa dihargai dan lebih termotivasi untuk berprestasi lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesuksesan bisnis.
Apresiasi terhadap kinerja karyawan ini perlu dikelola dengan baik dalam sebuah sistem yang disebut reward management agar pencapaian dan kesuksesan yang diraih dapat diapresiasi dengan adil dan konsisten dengan strategi dan kebijakan perusahaan.
Mengapa reward management atau manajemen penghargaan ini penting? Memberikan penghargaan yang sepadan dapat membantu karyawan merasa bahagia dan menumbuhkan kesetiaan kepada perusahaan, serta membuat karyawan bersemangat untuk meraih prestasi yang lebih baik. Penghargaan seperti pengakuan publik dan bonus dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras. Berikut penjelasan pentingnya reward management.
Mempertahankan karyawan terbaik,
Menarik karyawan baru untuk bergabung di perusahaan,
Menghindari biaya perekrutan dan pelatihan karyawan baru,
Membangun kesetiaan dan kejujuran seluruh karyawan terhadap perusahaan,
Menciptakan lingkungan kerja yang sehat,
Mendorong sikap dan perilaku positif seluruh karyawan,
Mendorong karyawan untuk kemajuan karir,
Memperkuat reputasi perusahaan di mata publik.
Program penghargaan telah terbukti sangat berhasil dalam memotivasi karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Manfaat implementasi reward management secara akurat dan tepat sasaran adalah sebagai berikut:

Membantu Melestarikan Budaya Perusahaan
Budaya perusahaan adalah bagian besar dari identitas organisasi. Budaya perusahaan yang baik tidak hanya menghargai pelanggan, melainkan juga perlu menghargai karyawan.
Program penghargaan di tempat kerja dapat menjadi salah satu upaya untuk memastikan bahwa karyawan merasa dihargai dengan baik oleh manajemen perusahaan dan rekan kerja. Perusahaan perlu menunjukkan kepada karyawan bahwa prestasi karyawan diakui dan dihargai.
Membuat Karyawan Merasa Terlibat dan Memberi Mereka Rasa Memiliki
Manajemen penghargaan biasanya menggunakan model manager-to-peer dan peer-to-peer untuk membantu karyawan merasa bahwa mereka adalah bagian dari perusahaan. Cara ini dapat membantu karyawan untuk merasa lebih terlibat dalam pekerjaan mereka dan lebih bangga atas pekerjaannya.
Ketika karyawan merasa terlibat, maka kemungkinan bisnis dapat lebih berkembang dan menguntungkan. Berdasarkan riset Gallup.com, tingkat keterlibatan karyawan yang lebih tinggi dapat meningkatkan profitabilitas bisnis sebesar 22 persen.

Mendorong Kerja Tim dan
Kolaborasi Lebih Unggul
Manajemen penghargaan dapat membantu memotivasi karyawan untuk mencapai target pribadi dan tujuan bisnis. Selain itu, manajemen penghargaan juga dapat digunakan untuk mendekatkan tim dan departemen. Pihak perusahaan dapat memanfaatkan reward management untuk meyakinkan karyawan bahwa kontribusi mereka terhadap pencapaian tim dirayakan dan dihargai oleh seluruh karyawan.

Meningkatkan Retensi Karyawan dan Menghemat Biaya Rekrutmen
Manajemen penghargaan tidak hanya membantu karyawan bekerja lebih keras dan lebih bangga dengan pekerjaan mereka, tetapi juga membantu mengurangi retensi karyawan. Melansir dari proofhub.com, perusahaan yang mengimplementasikan manajemen penghargaan menikmati pengurangan turnover sebesar 31 persen.
Selain itu, retensi karyawan juga membantu menghemat budget atau biaya rekrutmen. Tentu HRD mengetahui betul bagaimana besarnya biaya yang dikeluarkan tiap melakukan rekrutmen.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan
Mengimplementasikan manajemen penghargaan di perusahaan dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih kohesif dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan.
Sebagian besar karyawan percaya bahwa ucapan terima kasih, pujian, dan dorongan dari manajer mereka dapat meningkatkan hubungan sambil membangun kepercayaan kepada atasan mereka. Manajemen penghargaan yang diterapkan merupakan cara yang sangat efektif untuk memotivasi karyawan dan mendorong tim untuk bekerja sama.

Meningkatkan Sistem Manajemen Kinerja
Menerapkan manajemen penghargaan dapat meningkatkan dan menumbuhkan kinerja setiap karyawan. Jadi, manfaat manajemen penghargaan tidak hanya tentang mencapai tujuan bisnis, tetapi mendorong perkembangan sistem manajemen kinerja sebaik mungkin.

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Reward management dapat membantu meningkatkan produktivitas. Karyawan akan lebih bekerja keras jika mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan imbalan yang berarti.
Dengan demikian, memberikan penghargaan baik berupa bonus atau kompensasi kepada karyawan di waktu yang tepat dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Membantu Karyawan Fokus pada Nilai Perusahaan
Ketika manajemen penghargaan dikelola secara efektif, pihak perusahaan dapat menghubungkannya dengan tujuan dan nilai perusahaan.

Jika perusahaan ingin karyawannya selaras dengan nilai-nilai perusahaan, maka perusahaan wajib menyertakan mereka dalam program penghargaan. Dengan begitu, karyawan akan bekerja sesuai dengan nilai atau visi yang telah ditetapkan perusahaan karena mendapatkan penghargaan yang sebanding.

Artikel Asli