Loading...
Loading…
Peneliti Temukan Virus Corona di Partikel Polusi Udara

Peneliti Temukan Virus Corona di Partikel Polusi Udara

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 29 April 2020 - 14:00

Sejumlah penelitian dilakukan untuk bisa memahami karakter virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Seperti penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Italia.

Penelitian awal mereka menghasilkan temuan, virus corona bisa ada di partikel kecil polusi udara. Ini artinya, ada kemungkinan virus corona dapat dibawa dalam jarak yang lebih jauh, sehingga meningkatkan jumlah orang yang terinfeksi.

Penelitian dilakukan menggunakan sampel udara yang dikumpulkan di dua lokasi, provinsi Bergamo dan wilayah Lombardy Italia utara. Dua wilayah tersebut merupakan kawasan di Italia yang paling terdampak parah karena pandemi COVID-19.

Pengujian menemukan gen yang sangat spesifik untuk COVID-19 dalam banyak sampel dari provinsi Bergamo, salah satu yang paling tercemar di Italia.

Tapi, para ilmuwan Italia ini mengingatkan publik bahwasanya studi penelitian mereka belum dikaji ulang oleh sesama ilmuwan. Karena itu, hasil temuan studi penelitian ini harus dimaknai dengan hati-hati.

"Saat ini, tidak ada asumsi yang bisa dibuat mengenai korelasi antara keberadaan virus pada (partikulat) dan pengembangan wabah COVID-19," bunyi keterangan di studi penelitian tersebut.

Materi partikulat sendiri adalah butiran kecil polusi yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia karena bisa masuk begitu jauh ke paru-paru. Partikel-partikel polusi yang biasanya diproduksi oleh knalpot mobil, cerobong asap pembangkit listrik dan bahan-bahan terbakar ini, ukurannya seringkali jauh lebih kecil dari lebar rambut manusia.

Original Source

Topik Menarik