Loading...
Loading…
Salah Pilih Ikan Bisa Sebabkan Keracunan Moms! Ikuti Tips Berikut Ini Ya

Salah Pilih Ikan Bisa Sebabkan Keracunan Moms! Ikuti Tips Berikut Ini Ya

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 24 September 2021 - 11:05

Beauty, apakah kamu doyan memakan ikan? Ya, ikan memang memberikan banyak manfaat dan nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Meski begitu, kamu perlu waspada ya, sebab ada banyak ikan yang berkualitas rendah dijual di pasaran. Jika salah membeli, alih-alih sehat, kamu bisa keracunan lho!

Nah, biar kamu senantiasa mendapatkan ikan yang segar sesuai jenisnya, intip tips memilih ikan di bawah ini yuk, Beauty, sebagaimana dilansir dari laman hipwee, Jumat (24/9/2021). 1. Tips memilih ikan kembung

Wajib diketahui, ya Beauty, saat memilih ikan kembung, pilihlah ikan dengan mata yang jernih, pupil mata berwarna hitam, dan kornea mata jernih.

Selanjutnya, cek tekstur ikan kembung. Pilihkan ikansegar cenderung elastis dan padat. Permukaan tubuh ikan kembung yang segar bisa berlendir tipis, bening, dan cerah. Namun, jika lendir justru berbau amis atau busuk, maka itu menandakan ikan sudah tidak segar.

Terakhir, untuk memastikan daging ikan segar, kita bisa membelah dagingnya. Jika daging masih melekat kuat pada tulang maka itu menandakan ikan kembung masih segar. 2. Tips memilih ikan gurami

Pertama, pilihlah gurami yang gak terlalu besar, sekitar 300-350 gram saja. Gurami yang terlalu besar biasanya alot dan keras karena umurnya sudah tua sehingga rasanya tidak segar lagi.

Baca Juga :
Bantu Atasi Puting Lecet dan Iritasi, Ini 5 Tips Memilih Nipple Cream untuk Ibu Menyusui

Selanjutnya, buka insang gurami dan pilih ikan yang insangnya berwarna merah hati. Mata pada ikan gurami yang masih segar akan cembung dan menonjol keluar, tidak layu. Untuk dagingnya, jangan pilih yang lembek, pencet daging dan lihat apakah kembali seperti semula atau tidak. 3. Tips memilih ikan salmon

Ciri pertama yang menandakan ikan salmon masih segar bisa dilihat dari warna matanya yang bening, bukan putih. Kemudian, pastikan aroma ikan salmon terasa seperti air laut, yakni asin segar tanpa bau amis yang tidak enak.

Kita juga bisa mengetahui ciri ikan salmon yang segar dengan menekan dagingnya. Kalau daging setelah ditekan kemudian balik lagi, maka itu menandakan ikan dalam keadaan segar. 4. Tips memilih ikan tenggiri

Nah, ketika hendak membeli ikan tenggiri, pilihlah ikan dengan warna kulit cerah dan berkilau dan mata ikan cenderung jernih dan cembung menonjol. Daging ikan tenggiri segar juga terasa keras saat ditekan, gak lembek. Jika kamu membeli ikan yang masih utuh, pilih ikan yang sisiknya gak banyak terlepas. 5. Tips memilih ikan tuna

Baca Juga :
6 Tips Mudah Cegah Keracunan Makanan: Cuci Tangan-Pilah Makanan

Selanjutnya, jika akan membeli ikan tuna, perhatikan warna ikannya, ya Beauty . Daging ikan tuna yang berkualitas baik masih berwarna kemerahan dan tampak segar. Jangan memilih ikan yang warnanya sudah pucat atau kotor.

Selanjutnya, pilih ikan tuna yang bertekstur kenyal dengan cara menekan kulit ikan tuna yang kamu beli. Jika kulit terasa kering dan dagingnya lembek, maka sebaiknya jangan kamu pilih. Terakhir, cium aroma ikan tuna, jika aroma masih segar seperti air laut maka kamu bisa membelinya. Jika bau yang tercium busuk atau anyir maka itu tandanya ikan sudah tidak segar lagi. 6. Tips memilih ikan tongkol

Cara memilih ikan tongkol yang segar, pertama kita cium baunya. Bau ikan tongkol yang masih segar tidak tercampur dengan aroma tengik. Bedakan juga bau ikan segar dengan bau pengawet atau formalin yang cenderung seperti bau obat.

Penting juga nih, cara memilih ikan segar tanpa pengawet jika di pasaran adalah lalat yang berkerumun tak terlalu banyak, berbeda seperti ikan berformalin yang jarang dikerumuni lalat.

Nah itu dia beberapa tips memilih ikan segar dilihat dari jenisnya, Beauty. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik

{
{