Apa Kabar Diah Iskandar Penyanyi Top Era 1960-an, Dijuluki Connie Francis Indonesia

Gaya Hidup | inewsid | Published at Selasa, 21 September 2021 - 10:15
Apa Kabar Diah Iskandar Penyanyi Top Era 1960-an, Dijuluki Connie Francis Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Pencinta musik lawas Indonesia tentu masih mengingat nama Diah Iskandar. Dia merupakan seorang penyanyi era 1960-an yang mempunyai julukan sebagai Connie Francis Indonesia.

Julukan tersebut disematkan kepada Diah bukan tanpa alasan. Putri Corry Iskandar ini, disebut-sebut memiliki suara dan gaya yang mirip dengan Connie Francis.

Dengan suara dan gayanya itulah, Diah digadang-gadang sebagai duplikat sang pelantun lagu Stupid Cupid asal Amerika Serikat tersebut.

Menilik dari perjalanan kariernya di industri hiburan, kecintaan Diah kepada dunia musik telah tertanam sejak kecil. Saat itu, dia mendapat didikan langsung dari sang ayah, Iskandar, yang merupakan seorang tokoh musik terkenal.

Selain berkat didikan sang ayah, kepiawaian Diah Iskandar dalam bermusik juga dipicu oleh latihan-latihan vokalnya bersama Surti Suwandi, Ny Rotai, dan Ny Catharina Leimena Wiriadinata.

Melansir dari situs Ensiklopedia Jakarta, Selasa (21/9/2021), pemilik nama asli Diah Komalawati Iskandar ini mulai mengikuti lomba-lomba di ajang musik ketika berusia belasan tahun. Alhasil, pada 1961, Diah meraih Juara II Wanita di perayaan ulang tahun Tunas Mekar RRI Jakarta.

Setelah itu, pada 1963, dia pertama kali tampil di TVRI bersama band Arulan dan band Mus Mualim dalam rangka pencarian dana untuk Ganefo. Tak hanya tampil di panggung dan televisi, Diah Iskandar juga masuk ke dalam dapur rekaman dan merilis karya-karya musik berupa single serta album.

Dia pertama kali rekaman di Dimita Record untuk sebuah album berjudul Bila Kulupa ciptaan A Usman. Kemudian dia kembali merilis album Surat Undangan, yang lagunya menjadi salah satu hits pada masanya dan menjadi tembang kenangan.

Selain tampil di panggung, televisi dan merilis karya-karya musik, perempuan kelahiran 12 Februari 1947 ini juga mendirikan Orkes Chandra Kirana sebagai persembahan kepada sang ayah yang membaktikan hidupnya di dunia musik Indonesia. Orkes Candra Kirana ini memulai siarannya di TVRI pada 1980.

Setelah kesuksesan itu, lantas apa kabar Diah Iskandar sang Connie Francis Indonesia?

Diketahui, saat ini Diah Iskandar telah berusia 74 tahun. Namun, di usia senjanya ini, dia masih berkecimpung di dunia hiburan. Terbukti dari kiprahnya sebagai cameo untuk sebuah film Ummi Aminah pada 2012 silam, di mana film ini dibintangi juga oleh Nani Widjaja, Paramitha Rusady, hingga Yessy Gusman.

Tak hanya itu, pada 2013, Diah Iskandar kembali merilis album bertajuk Potret Kasih. Kemudian pada 2014, Diah juga menggelar mini konser di kawasan Jakarta Selatan.

Artikel Asli