Wow, Ternyata Minum Kopi Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dan Diabetes! Perhatikan Takarannya

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 21 September 2021 - 08:10
Wow, Ternyata Minum Kopi Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dan Diabetes! Perhatikan Takarannya

Selama ini banyak yang percaya mengkonsumsi kopi dan kafein terlalu sering dapat berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi kesehatan jantung

Namun, sebuah studi baru menyampaikan di pertemuan European Society of Cardiology, mengungkapkan bahwa dengan minum kopi dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Meski begitu, tetap ada takaran yang dianjurkan agar efek samping kopi tak membahayakan tubuh.

Bagaimana cara minum kopi yang tepat agar manfaatnya dirasakan tubuh? Berikut penjelasan meminum kopi dengan takaran tepat agar bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Manfaat Kopi untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Konsumsi kopi nyatanya baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit jantung, minum kopi secara teratur sesuai dengan takaran optimal per hari dapat menurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Melansir dari CNN, peneliti mengamati perilaku minum kopi pada lebih 468.000 orang yang berpartisipasi dalam UK Biobank Study. Studi ini mendapatkan manfaat minum kopi bagi kesehatan dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes mellitus tipe 2, penyakit parkinson, penyakit hati, kanker prostat, alzheimer, sakit punggung dan lain sebagainya.

Perhatikan Jumlah Takaran Optimalnya

Dalam sebuah penelitian dalam jurnal PLOS Biology oleh Joachim Altschmied dan Judith Haendeler, mengungkapkan dalam satu hari takaran optimal konsumsi kopi adalah 4 cangkir saja. Dua ahli biologi asal University of Dusseldorf, menyebutkan minum kopi dalam jumlah optimal dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Saat mengonsumsinya juga perlu diperhatikan penggunaan gula tambahan. Jangan sampai manfaat yang baik justru malah menimbulkan penyakit.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Dalam mengkonsumsi kopi sehari-hari juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi berlebih. Bagi yang terbiasa minum kopi setiap hari dan lebih dari takaran yang dianjurkan, dapat membahayakan kesehatan lambung.

Hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan kondisi tertentu. Lebih parahnya, aktivitas harian dapat terganggu (sulit tidur).

Sekalipun banyak manfaat, meminum kopi harus tetap sesuai anjuran dan tak berlebihan agar dampaknya tetap baik bagi kesehatan. Kopi tak disarankan untuk anak-anak, remaja, dan orang dengan riwayat kondisi penyakit tertentu.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli