Aplikasi Kembaran Digital

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 21 September 2021 - 00:00
Aplikasi Kembaran Digital

Bermacam industri dapat menggunakan digital twin, mulai dari otomotif, kesehatan, penerbangan, pembangkit listrik dan sebagainya. Teknologi ini bisa untuk memecahkan sejumlah besar tantangan seperti pengujian kelelahan dan ketahanan korosi untuk turbin angin lepas pantai dan peningkatan efisiensi pada mobil balap.
Aplikasi lain termasuk pemodelan rumah sakit untuk menentukan alur kerja dan staf untuk menemukan perbaikan prosedur. Kembar digital memungkinkan pengguna untuk menyelidiki solusi untuk perpanjangan siklus hidup produk, perbaikan manufaktur dan proses, dan pengembangan produk dan pengujian prototipe.
Boeing misalnya menciptakan replika virtual dari pesawat, sistem, dan bagian-bagian pesawat individual model kerja yang tepat dari setiap sistem kompleks dan komponen individual. Setiap peningkatan kualitas hingga 50 persennya memungkinkan perusahaan mengurangi biaya dan waktu pengembangan peralatan data udara untuk jet bermesin ganda 777X.
"Saya pikir ide untuk mempertahankan serangkaian model komputasi yang terus diperbarui dan berkembang bersama aset fisik selama seluruh siklus hidupnya benar-benar inti dari kembar digital," kata seorang peneliti yang mempelajari bagaimana meningkatkan kembaran digital, Michael Kapteyn dikutip laman GCN.
Contoh penerapan digital twin secara nyata ditemukan di seluruh industri untuk menangani pemeliharaan, dan pencegahan kegagalan atau pemantauan siklus hidup. Pada industri manufaktur digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
Pada sektor otomotif, digital twin berguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data operasional dari kendaraan untuk menilai statusnya secara real time dan menginformasikan peningkatan produk. Sedangkan pada sektor ritel untuk memodelkan dan menambah pengalaman pelanggan, baik di tingkat pusat perbelanjaan atau untuk toko individu.
Sektor medis membantu dalam donasi organ, pelatihan operasi, dan pengurangan risiko dari prosedur yang dijalankan. Sistem juga telah memodelkan aliran orang melalui rumah sakit dan melacak di mana infeksi mungkin ada dan siapa yang mungkin dalam bahaya melalui kontak.
Perubahan iklim global telah berdampak di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Digital twin dapat membantu memerangi hal ini dengan menciptakan infrastruktur yang lebih cerdas, rencana tanggap darurat, dan pemantauan perubahan iklim.
Kota pintar juga dapat memanfaatkannya untuk membantu menjadi lebih berkelanjutan secara ekonomi, lingkungan, dan sosial. Model virtual dapat memandu keputusan perencanaan dan menawarkan solusi untuk banyak tantangan kompleks yang dihadapi kota modern.
Wakil Presiden Riset Konsumen ABI Research, Dominique Bonte, mengatakan digital twin memungkinkan merancang bangunan dengan lebih akurat untuk menghindari modifikasi mahal setelah pembangunan awal.
"(Aplikasi teknologi digital twin ini) Dapat meningkatkan keberlanjutan, sirkularitas, dekarbonisasi, dan kualitas kehidupan perkotaan secara keseluruhan," pungkas dia. hay/I-1

Artikel Asli