5 Cara Berkomunikasi dengan Janin Selama dalam Kandungan

glitzmedia.co | Gaya Hidup | Published at Minggu, 19 September 2021 - 12:15
5 Cara Berkomunikasi dengan Janin Selama dalam Kandungan

Kamu paling sering melakukan yang mana?

Kedekatan antara ibu dan anak sudah bisa dibangun sejak buah hati masih berada di kandungan. Jadi, kamu tidak perlu menunggu sampai bayi lahir. Bahkan banyak pakar yang menyarankan orangtua untuk mengajak janin bekomunikasi sejak dalam kandungan, karena dapat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya kelak.

Dokter David B. Chamberlain, selaku spesialis kandungan asal Boston University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa janin yang diajak belajar sejak dalam kandungan, akan menunjukkan kemampuan kecerdasaan pada usia sekolah.

Bahkan, kamu tidak memerlukan alat canggih untuk mengajaknya belajar. Karena cukup dengan mengajaknya berkomunikasi. Mulai dari mengobrol, memperdengarkan musik, sampai membacakan buku cerita. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

 

(Foto: pexels.com/josh willink)

 

MENGOBROL

Mengajak bicara atau mengobrol adalah salah satu cara mengajak janin berkomunikasi. Jika kamu rajin mengajak janin mengobrol, maka ia akan mengenal suaramu lebih dulu dibanding suara orang lain. Sehingga ia akan lebih cepat merespon apapun yang ingin kamu ajarkan. Bicaralah dengan nada suara yang bahagia dan gunakan kalimat yang bermakna positif.

 

MEMBACAKAN BUKU CERITA

Membaca untuk janin bisa kamu lakukan ketika usia kehamilan memasuki 6 bulan. Pilihlah buku cerita yang bisa memberikan stimulasi lebih bagi janin. Ketika kamu membaca, janin akan mengenal suaramu sebagai bentuk bahasa yang akan ia pahami. Nantinya ia akan cepat memahami bahasa yang sudah ia dengar sejak dalam kandungan.

 

BERIKAN SENTUHAN

Ketika kamu sedang duduk, tiduran, atau bersantai, coba berikan sentuhan yang lembut untuk janin. Caranya cukup dengan memberikan usapan lembut di bagian perut secara rutin. Lewat cara ini janin dapat merasakan perhatian dan kasih sayang yang kamu berikan.

 

PERDENGARKAN MUSIK

Lewat musik, kamu juga bisa mengajak janin berkomunikasi, lho! Ambil smartphone , laptop, iPod , atau MP3 Player kamu, pilih musik klasik atau jenis musik lainnya yang bisa memberikan efek tenang serta rileks. Mendengarkan musik juga bisa menjadi terapi sendiri bagi ibu hamil agar tidak mudah stres.

 

JALAN-JALAN

Selain segar dan bisa jadi olahraga ringan, jalan-jalan juga menjadi salah satu cara kamu berkomunikasi dengan janin. Ketika kamu berada di luar, beritahu janin apa saja yang kamu lihat dan lakukan ketika sedang berjalan-jalan. Percayalah, janin pasti akan merespon ucapanmu.

 

(Mondials Anindhita, foto: pexels.com/jonathan borba)
Artikel Asli