Perhatikan 7 Gejala Kanker yang Sering Kali Diabaikan

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Sabtu, 18 September 2021 - 03:25
Perhatikan 7 Gejala Kanker yang Sering Kali Diabaikan

Bisnis.com, JAKARTA Kanker adalah penyakit dimana beberapa sel tubuh tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kanker dapat dimulai hampir dimana saja di tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel.

Mengutipcancer.gov, Jumat (17/9/2021), biasanya, sel manusia tumbuh dan berkembang biak (melalui proses yang disebut pembelahan sel) untuk membentuk sel-sel baru sesuai kebutuhan tubuh. Ketika sel-sel menjadi tua atau rusak, mereka mati, dan sel-sel baru menggantikannya.

Terkadang proses yang teratur ini rusak, dan sel-sel abnormal atau rusak tumbuh dan berkembang biak ketika seharusnya tidak. Sel-sel ini dapat membentuk tumor, yang merupakan gumpalan jaringan. Tumor bisa bersifat kanker atau tidak bersifat kanker.

Ada dua faktor umum yang menjadi penyebab kanker, yaitu faktor internal seperti keturunan dan faktor eksternal seperti perubahan hormon, kebiasaan merokok, obesitas, paparan radiasi, virus, hingga kurang berolahraga.

Terkadang banyak orang yang baru menyadari mereka menderita kanker ketika kanker ini sudah menjalar ke tempat lain, sehingga peluang mereka untuk sembuh sangat kecil.

Oleh karena itu dr. Ika Mariani Ratna Devi, seorang dokter spesialis penyakit dalam, membagikan tujuh gejala kanker yang sering kali diabaikan.

1. Batuk atau sesak yang berkepanjangan

Kebanyakan batuk bukanlah masalah besar, tulis dr Ika melalui akun Instagramnya @dokterikadevi, Jumat (17/9/2021). Tetapi, jika Anda menderita batuk berkepanjangan yang tak kunjung sembuh, sesak napas, atau batuk yang disertai darah, ini dapat berbahaya karena menunjukkan bahwa paru-paru Anda bermasalah.

2. Perubahan tidak lazim saat buang air besar

Saat feses Anda tiba-tiba mengalami perubahan ukuran atau warna (misalnya berdarah), Anda menjadi sangat sulit untuk buang air besar atau justru Anda mengalami diare terus-menerus , ini bisa menjadi gejala kanker usus besar.

Kemungkinan ada massa atau tumor yang tumbuh di usus besar dan menyumbat jalan keluar feses,jelas dr Ika.

3. Perubahan tetap pada kebiasaan buang air kecil

Ada kalanya seseorang bisa mendapati darah di urin mereka. Ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kencing atau yang lebih parah, gejala kanker kandung kemih atau kanker ginjal. dr Ika menyarankan untuk segera mencari bantuan medis jika Anda mengalami kondisi ini.

4. Penurunan berat badan tanpa sebab

Jika Anda tidak menjalani diet penurunan berat badan tetapi berat badan Anda terus berkurang, ini bisa sangat berbahaya karena dapat menunjukkan bahwa kemungkinan Anda memiliki tumor atau kanker.

5. Perubahan tidak lazim pada tahi lalat

Apabila Anda melihat ada perubahan tidak lazim pada tahi lalat Anda seperti kemerahan, gatal atau nyeri, pergilah ke dokter spesialis untuk memeriksakannya karena kemungkinan ini adalah gejala kanker kulit.

6. Perdarahan tidak lazim

Perdarahan yang tidak lazim bisa mengindikasikan kemungkinan bahwa Anda memiliki kanker, katanya.

Perdarahan vagina di luar menstruasi bisa menjadi tanda kanker endometrium dan kanker serviks. Dia menambahkan, perdarahan setelah melakukan hubungan seksual melalui vagina juga bisa menjadi tanda kanker serviks.

7. Benjolan tidak lazim

Benjolan di payudara yang tumbuh cepat dalam waktu singkat merupakan tanda kanker payudara. Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan baru atau benjolan yang mengalami perubahan di tubuh Anda, periksakan ke dokter sesegera mungkin.

Artikel Asli