Dapatkan Karbohidrat Sehat dari Makanan-Makanan Ini

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at Sabtu, 18 September 2021 - 03:40
Dapatkan Karbohidrat Sehat dari Makanan-Makanan Ini

Banyak pelaku diet yang menganggap karbohidrat adalah musuh, benarkah begitu? Karbohidrat merupakan komponen esensial dari diet. Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, bersamaan dengan protein dan lemak.

Tak hanya membuat Anda bertahan hidup, karbohidrat juga berguna untuk membuat tubuh berfungsi dan berkembang dengan baik. Ada beberapa makanan tinggi karbohidrat sehat, yang sebaiknya Anda masukkan ke dalam menu diet harian Anda, apa saja?

Nasi merah

Jika Anda sedang diet dan ingin tetap makan nasi, maka pilihlah nasi merah. Satu porsi nasi merah mengandung 36 gram karbohidrat. Tak hanya itu, nasi merah juga kaya akan antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kurma

Buah manis yang biasa tersaji di bulan Ramadan ini bisa menjadi camilan sehat untuk Anda. Ada berbagai macam jenis kurma yang tersedia dan bisa Anda nikmati. Dalam satu buah kurma, terkandung 17,99 gram karbohidrat. Tak hanya itu, kurma juga memberikan Anda nutrisi lain seperti serat, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin A.

Jagung

Jagung bisa diolah dengan berbagai macam cara, misalnya disajikan bersama sayur bayam atau sayur asem, dibakar, atau disajikan dalam salad.

100 gram jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein. Jagung juga menyajikan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Menurut studi di tahun 2017, jagung sangat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah sekali ditemukan, dan biasanya tersedia sepanjang tahun. Anda bisa menjadikan pisang sebagai camilan sehat untuk diet Anda. Satu buah pisang berukuran sedang memiliki 26,95 gram karbohidrat. Tak hanya itu, pisang juga tinggi kalium, vitamin A dan C. Kandungan nutrisi inilah yang membuat pisang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah Anda.

(Foto: timesnownews.com)

Artikel Asli