4 Buah yang dapat Mengatur Tingkat Hormon Tiroid Anda

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:22
4 Buah yang dapat Mengatur Tingkat Hormon Tiroid Anda

Bisnis.com, JAKARTA Gaya hidup modern dan kebiasaan makan yang buruk telah mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan tiroid.

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher, tepatnya di bawah jakun dan di atas tulang dada. Meskipun berukuran kecil, tiroid memiliki banyak peran penting dalam tubuh kita. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang membantu mengontrol pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme.

Sama halnya seperti organ lain di dalam tubuh, kerja kelenjar tiroid bisa terganggu sehingga menimbulkan masalah. Gangguan tersebut terjadi ketika adanya ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam tubuh Anda, yang pada akhirnya menimbulkan penyakit tiroid.

Ada dua jenis utama penyakit tiroid, hipotiroidisme (lebih sedikit hormon yang diproduksi) dan hipertiroidisme (lebih banyak hormon yang diproduksi). Kedua kondisi tersebut disebabkan oleh penyakit berbeda yang memengaruhi cara kerja kelenjar tiroid.

Diet memainkan peran penting dalam mengelola gejala penyakit tiroid. Diet bergizi dan seimbang mungkin tidak membantu mengobati masalah tiroid, tetapi dapat mengurangi gejalanya jika dipasangkan dengan obat yang tepat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan beberapa nutrisi penting seperti Yodium, Kalsium, dan Vitamin D dapat membantu meminimalkan gejala.

Melansir Times of India, Kamis (16/9/2021), berikut adalah empat buah yang harus menjadi bagian dari diet Anda.

1. Apel

Makan apel sehari dapat mencegah penambahan berat badan, menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali dan juga kelenjar tiroid Anda dalam keadaan bekerja.

Studi menunjukkan bahwa apel dapat mendetoksifikasi tubuh Anda yang membantu kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. Apel juga menurunkan kadar kolesterol dan melindungi dari diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

2. Jeruk

Kaya akan Vitamin C dan antioksidan, jeruk diketahui dapat menetralkan radikal bebas, melindungi sel-sel Anda dari kerusakan lebih lanjut. Radikal bebas menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid dan dapat memengaruhi fungsinya. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan, menjaga gula darah, mengatur kadar kolesterol, mencegah kerusakan kulit dan membantu menyembuhkan luka.

3. Beri

Buah yang kaya akan antioksidan ini sangat baik untuk organ tiroid Anda. Mereka membantu merangsang produksi hormon tiroid dan membuatnya berfungsi dengan lancar. Buah beri juga mengandung vitamin dan mineral yang melindungi kita dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Buah beri juga merupakan pilihan buah yang disukai jika Anda menderita diabetes dan penambahan berat badan, dua masalah yang umum terjadi pada kasus penyakit tiroid. Makanlah seporsi stroberi, blueberry atau jujube India atau blueberry liar setiap hari.

4. Nanas

Nanas mengandung vitamin C dan mangan dalam jumlah tinggi, kedua nutrisi yang dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah berawarna kuning ini juga mengandung Vitamin B yang dapat membantu mengatasi kelelahan, salah satu gejala tiroid. Mengonsumsi nanas juga baik untuk orang yang menderita kanker, tumor dan sembelit.

Sementara mengonsumsi empat buah tersebut dapat membantu mengobati tiroid, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang mungkin mengandung goitrogen. Jenis makanan ini harus dimakan dalam jumlah sedang. Selain itu, makanan olahan (seperti kue, kue kering, keripik), makanan berbahan kedelai (tahu, tempe, kacang edamame, susu kedelai), buah-buahan tertentu (persik, pir), dan minuman seperti kopi, the hijau dan alkohol juga harus dibatasi.

Artikel Asli