Punya Rasa yang Manis, Benarkah Gula Merah Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:30
Punya Rasa yang Manis, Benarkah Gula Merah Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Penyakit diabetes bisa diderita oleh siapa saja. Umumnya, penyakit diabetes ini muncul disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak sehat.

Para penderita diabetes juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang manis-manis, seperti gula. Namun, gula merah disebut-sebut aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Benar atau enggak, ya?

Melansir dari laman Healthline (16/9/2021), gula merah dan juga gula putih sama-sama dihasilkan dari bit gula atau tebut. Gula merah memang lebih rendah kalori dibandingkan dengan gula putih.

Selain itu, perlu kamu tahu kalau gula merah juga mengandung lebih banyak kalsium, zat besi, dan potasium bila dibandingkan dengan gula putih.

Namun, ternyata gula merah dan gula putih terdiri dari sukrosa. Kedua jenis gula ini sama-sama bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Kalau kamu salah satu penderita diabetes, gula merah enggak lebih sehat daripada gula putih. Jadi, kamu tetap perlu membatasi konsumsi gula merah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan gula bisa merusak sensitivitas insulin. Rusaknya sensitivitas insulin ini bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk mengangkut gula dari darah ke sel secara efisien.

American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan di bawah 6 sendok teh atau 25 gram atau 100 kalori per hari untuk wanita dan kurang dari 9 sendok teh atau 37,5 gram kalori per hari untuk laki-laki.

Semoga bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli