Musim Hujan, Lakukan Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M Plus

limapagi.id | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:41
Musim Hujan, Lakukan Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M Plus

LIMAPAGI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan musim hujan akan datang lebih awal pada tahun ini.

Tentu jika bicara musim hujan identik dengan penyakit demam berdarah. Ya, penyakit virus ini di bawa oleh nyamuk dan seseorang yang terinfeksi dua kali memiliki risiko jauh lebih besar terserang penyakit parah.

Untuk itu, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah demam berdarah. Lantas apa saja? Berikut tipsnya yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan.

3 M plus untuk cegah DBD

Musim hujan segera datang ini yang bisa kita lakukan untuk mencegah ancaman penyakit demam berdarah yang masih sering terjadi :

Menguras

Menguras tempat penampungan air dan jangan lupa bersihkan dinding penampungan air karena disitu tempat telur nyamuk bisa menempel.

Menutup

Menutup rapat tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Seperti baik air, tempat sampah, pot bunga beberapa tempat tersebut bisa dibalik agar nggak jadi genangan air dan tempat nyamuk bertelur.

Memanfaatkan kembali

Kamu bisa memanfaatkan kembali atau daur ulang limbah barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Upaya pencegahan lain yang dapat kamu lakukan antara lain :

Serta upaya lain yang dapat mencegah potensi nyamuk bertelur dan bersarang. Jadi jangan lengah lakukan beberapa hal di atas.

Artikel Asli