Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Mata Lelah

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:31
Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Mata Lelah

Bisnis.com, JAKARTA Screen time atau waktu layar seringkali menjadi hal yang paling mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, screen time yang terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata Anda, dan berbagai penyakit tidak menular lainnya.

Namun, pandemi Covid telah menyebabkan peningkatan screen time, tidak hanya bagi orang-orang yang bekerja tetapi juga anak-anak. Dari pekerjaan kantor hingga sekolah, semuanya telah dilakukan secara online yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Berfokus secara intens pada layar dalam waktu lama, mengemudi terlalu lama, pekerjaan mendetail dalam jangka waktu lama seperti menulis dan membaca dapat menyebabkan mata Anda lelah. Fokus yang intens tanpa disadari membuat Anda tidak sering berkedip. Layar digital dapat mengurangi kedipan Anda, dan membuat pupil mata Anda menjadi kering dan iritasi.

Tidak mudah untuk mengenali dan mengetahui kapan mata Anda lelah karena gejalanya dalam beberapa kasus dapat menyamar sebagai hal lain.

Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala, nyeri dan kaku di leher atau mungkin sulit berkonsentrasi. Mata Anda mungkin berair, penglihatan mungkin kabur, mata mungkin terasa panas atau gatal, atau Anda mungkin merasa sangat sensitif terhadap cahaya. Semua gejala ini mungkin menunjukkan bahwa mata Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Ada beberapa cara agar mata Anda tidak mengalami kelelahan, melansir Times of India, Kamis (16/9/2021).Pertama,tingkatkan ukuran font di laptop atau ponsel Anda. Silau dan pantulan dari layar dapat menambah ketegangan pada mata sehingga meningkatkan font mungkin dapat membantu.

Kedua, membuat jarak antara layar dan pandangan mata Anda sejauh dua kaki akan membantu pandangan mata Anda sedikit ke bawah.

Ketiga, kurangi kecerahan layar dan jangan lupa untuk berkedip. Anda bahkan dapat memasang alarm di ponsel atau catatan di sisi layar untuk mengingatkan diri Anda agar sering berkedip.

Keempat, ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, lihatlah objek sejauh 20 kaki setidaknya selama 20 detik. Ini akan memberi mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan.

Terakhir,lakukan pemeriksaan mata setahun sekali untuk menjaganya tetap sehat dan mendapatkan perawatan dini apabila Anda mengalami gejala penyakit mata.

Artikel Asli