Menguak 4 Manfaat Biji Pala, Salah Satunya Bisa Mencegah Penyakit Kronis Diabetes

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 12:30
Menguak 4 Manfaat Biji Pala, Salah Satunya Bisa Mencegah Penyakit Kronis Diabetes

Indonesia kaya akan rempah-rempah. Selain untuk masakan, rempah-rempah juga digunakan sebagai obat tradisional.

Salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat kesehatan adalah biji pala. Umumnya biji pala digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, biji pala juga dikenal berkhasiat untuk mendetoks racun yang ada di dalam tubuh.

Eits, ternyata enggak hanya sampai di situ . Masih banyak manfaat yang terkandung di dalam biji pala lho. Penasaran? Berikut uraiannya:

1. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan artritis. Senyawa anti-inflamasi yang disebut monoterpen, termasuk terpineol, sabinene, dan pinene yang ditemukan dalam pala dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, keberadaan senyawa fenolik dalam pala telah terbukti menunjukkan sifat anti-inflamasi yang kuat.

Satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak pala memiliki kemampuan ampuh untuk mengurangi nyeri terkait peradangan dan pembengkakan sendi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan efek anti-inflamasi pala pada manusia.

2. Melawan infeksi bakteri

Ekstrak pala menunjukkan efek antibakteri terhadap bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.

3. Meningkatkan libido

Ternyata pala dapat meningkatkan kinerja seksual. Sebuah studi yang diterbitkan dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menunjukkan tikus jantan yang diberi ekstrak pala dosis tinggi mengalami peningkatan aktivitas seksual dan kinerja seksual.

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Asupan suplemen pala dosis tinggi menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli