Tanpa Obat-obatan, 7 Cara Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 11:30
Tanpa Obat-obatan, 7 Cara Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jika Anda menjalani gaya hidup yang relatif enggak sehat karena jarang berolahraga, mengonsumsi makanan berminyak, makanan cepat saji dan lain sebagainya, maka Anda mungkin rentan terhadap kondisi seperti kolesterol tinggi.

Pola makan yang enggak sehat, kaya akan kandungan lemak dan gula, menjadi salah satu penyebab utama menumpuknya kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

Kolesterol adalah zat lunak seperti lilin yang ditemukan dalam aliran darah dan sel-sel tubuh. Kolesterol membantu tubuh untuk menjalankan fungsi penting, seperti memproduksi membran sel, merangsang produksi hormon tertentu, dan membantu penyerapan vitamin D oleh tubuh.

Namun, jika jumlah kolesterol dalam tubuh semakin banyak, maka akan menumpuk di arteri dan berbentuk plak. Ketika ini terjadi plak tersebut akan menghalangi aliran darah ke berbagai organ penting, seperti jantung hingga bisa menyebabkan penyakit serius.

Nah, untuk itu sangat penting mengelola kadar kolesterol dalam batas normal. Dilansir dari laman Boldksy (16/9/2021) berikut ini adalah d menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan:

1. Hindari Lemak Trans

Cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang kaya akan lemak trans, seperti burger, pizza, keripik, dan lain-lain. Pasalnya lemak trans adalah salah satu penyebab utama kolesterol tinggi.

2. Pilih Konsumsi Daging Tanpa Lemak

Obat rumahan untuk mengurangi kolesterol adalah dengan memasukkan daging tanpa lemak ke dalam asupan makan harian. Hindari konsumsi daging biasa atau daging merah karena itu bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Enggak perlu bingung karena ayam adalah salah satu sumber terbaik daging tanpa lemak.

3. Konsumsi Oat

Salah satu tips diet terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi oat setiap pagi. Pasalnya oat mengandung serat yang disebut glucan yang dapat menurunkan kolesterol.

4. Berolahraga

Cara alami untuk menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga setidaknya selama 15 menit setiap hari. Olahraga bisa dimulai dengan latihan sederhana seperti push-up, angkat kaki, rotasi pinggul, dan lain-lain.

5. Makan Buah

Obat rumahan lain untuk mengurangi kolesterol secara alami adalah dengan memasukkan buah-buahan sebagai bagian dari menu sarapan Anda setiap pagi. Pasalnya kebanyakan buah kaya akan antioksidan dan serat yang dapat menghilangkan kolesterol ekstra did alam tubuh.

6. Kopi Kayu Manis

Sebuah studi penelitian telah menyimpulkan bahwa menambahkan kayu manis ke kopi Anda dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Ini adalah obat alami yang bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol.

7. Makan Protein

Cara alami untuk mengurangi kolesterol tinggi adalah dengan memasukkan banyak makanan kaya protein dalam diet Anda.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli