Sempat Alami Keguguran? Ikuti 7 Cara Berikut untuk Menjaga Kehamilan Baru Agar Terhindar dari Hal Serupa

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:45
Sempat Alami Keguguran? Ikuti 7 Cara Berikut untuk Menjaga Kehamilan Baru Agar Terhindar dari Hal Serupa

Sempat mengalami keguguran tentunya akan meninggalkan rasa khawatir saat menjalani kehamilan baru.

Kehamilan setelah keguguran memang bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Akan ada rasa khawatir dan cemas yang kerap dirasakan oleh ibu.

Meski begitu, Moms gak perlu merasa khawatir berlebih lantaran hanya 1% terkait keguguran berulang. Dan wanita yang sempat mengalami keguguran juga memiliki kehamilan yang sehat.

Agar lebih bisa meyakinkan diri dan lebih menjaga kehamilan tetap sehat setelah keguguran, Moms bisa mengikuti 7 cara berikut ini sebagaimana dilansir dari laman alodokter.com (16/9)

1. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Moms mungkin akan dianjurkan untuk melakukan kontrol tambahan yakni pemeriksaan hormon kehamilan. Agar perkembangan janin dapat terkontrol dan kesehatan ibu tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu rutin memeriksakan kandungan sesuai anjuran dokter.

2. Hindari Stres

Wajar jika Moms kerap didera rasa khawatir akan keguguran berulang, namun jangan sampai hal tersebut justru membuat Moms merasa stres. Jika hal tersebut terus menghampiri, sebaiknya lakukan konsultasi bersama dokter atau orang terdekat agar Moms merasa lebih tenang.

Sebab, stres dapat membuka peluang keguguran kembali datang. Tak lupa untuk selalu luangkan waktu melakukan hal-hal positif ya, Moms.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan cepat saji ya Moms, lantaran makanan cepat saji justru tak mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, buah, daging rendah lemak, ikan, telur, susu, dan produk olahannya.

4. Konsumsi Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal yang mengandung asam folat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin khususnya perkembangan otak dan saraf bayi. Jadi, vitamin ini bisa Moms jadikan sebagai pilihan tepat menjaga kehamilan.

5. Olahraga Rutin

Beragamnya olahraga bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil. Namun, sebelum memulainya lebih baik untuk melakukan konsultasi bersama dokter kandungan terkait olahraga yang tepat dan aman bagi ibu hamil.

6. Menjaga Berat Badan

Berat badan ternyata mempengaruhi kesehatan kehamilan lho Moms. Entah itu terlalu kurus atau gemuk. Usahakan untuk menjaga berat badan dalam batas normal.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Untuk menghindari keguguran berulang sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Serta lebih menjaga dan disiplin mengurangi konsumsi kafein maksimal dua gelas atau 20 mg perhari.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli