Ahli Sebut Masyarakat Perlu Bersiap dengan Munculnya Twindemic, Apa Itu?

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:00
Ahli Sebut Masyarakat Perlu Bersiap dengan Munculnya Twindemic, Apa Itu?

Pandemi virus corona Covid-19 sudah melanda dunia lebih dari satu tahun yang lalu. Sudah banyak upaya yang dilakukan seluruh dunia untuk menghentikan pandemi ini.

Meski pandemi Covid-19 belum juga mereda, para ahli justru mengingatkan bahwa akan muncul kemungkinan 'twindemic', yang bisa jadi akibat tindakan pencegahan yang lemah.

Lantas, apa yang dimaksud dengan twindemic?

Melansir dari Times of India yang dikutip Suara.com (16/9/2021), twindemic mengacu pada kemungkinan musim flu yang parah di tengah meningkatnya jmlah kasus virus corona Covid-19.

Menurut para ahli, masyarakat perlu lebih waspada dengan selalu memakai masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak sosial untuk menahan penyebaran penyakit pernapasan lain, selain Covid-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kasus flu selama musim 220-2021 "sangat rendah". Ini mereka yakini karena langkah-langkah keamanan yang diadopsi oleh semua.

Meski sulit untuk membedakan gejala flu dan gejala Covid-19, para ahli mengingatkan kemungkinan yang sama. Mengingat bahwa virus corona terus merajalela, mendapatkan vaksin Covid-19 menjadi hal yang paling penting. Namun, secara bersamaan, sama pentingnya untuk mendapatkan suntikan flu.

Menurut pedoman terbaru tentang vaksin Covid-19 oleh CDC, sekarang orang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 atau suntikan booster bersamaan dengan vaksin lain, seperti vaksin flu.

Sebelumnya, pedoman CDC merekomendasikan penangguhan vaksin lain dalam waktu 14 hari setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Selain melakukan vaksinasi Covid-19, kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, mempraktikkan kebersihan tangan yang baik.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli