Gak Merasakan Efek Samping, Beneran Divaksin Covid-19 atau Gak Ya?

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 08:00
Gak Merasakan Efek Samping, Beneran Divaksin Covid-19 atau Gak Ya?

Melakukan vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sehingga diharapkan kasusnya segera terus menurun.

Banyak masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dan mereka merasakan beberapa efek samping setelahnya. Namun, hal tersebut tentu wajar saja terjadi. Sebab, itu berarti menunjukkan vaksinnya bekerja dengan baik.

Lantas, bagaimana kalau orang yang setelah vaksin enggak merasakan adanya efek samping?

Setelah melakukan vaksinasi Covid-19, efek samping yang dirasakan setiap orang memang berbeda-beda. Biasanya, efek yang dirasakan itu, seperti demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, mual, dan lainnya.

Ketua Satgas IDI, Prof Zubairi Djoerban menjelaskan efek samping vaksin Covid-19 melalui media sosial Twitter. Menurutnya, efek samping yang dirasakan setelah vaksin adalah hal yang normal.

Efek samping merupakan tanda kalau vaksin sedang bekerja dan sistem kekebalan tubuh sedang melakukan tugasnya untuk membangun perlindungan terhadap virus.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan kalau seseorang enggak merasakan efek samping setelah divaksin, jangan khawatir karena vaksin tetap bekerja untuk membentuk anibodi yang mampu melawan virus.

"Namun, amat normal juga untuk tidak mendapatkan efek samping sama sekali atau hanya ringan," tulis Zubairi yang dikutip dari laman Tempo.co (16/9/2021).

Sama halnya dengan Ketua Departemen Peradangan dan Kekebalan di Cleveland Clinic's Lerner Researh Institue, Thaddeus Stappenbeck, yang mengatakan bahwa tak merasakan efek samping setelah vaksin itu bukanlah masalah.

Ia menjelaskan bahwa meski enggak merasakan efek samping, seseorang yang telah menerima dua dosis vaksin akan 94% terlindungi dari Covid-19.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli