Tips Pergi Berlibur Saat Musim Hujan

glitzmedia.co | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 08:01
Tips Pergi Berlibur Saat Musim Hujan

Yuk dicek dulu sebelum memutuskan untuk berangkat.


Buat kamu yang sudah mendapat suntikan vaksinasi Covid-19, pasti saat ini merasa lebih lega. Apalagi buat kamu yang mendapat suntikan vaksin jenis astrazenecca. Karena kemungkinan besar baru-baru ini kamu mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua.


Artinya, proses vaksinasi Covid-19 yang kamu lakukan sudah lengkap. Kalau sudah begini, rasanya pergi berlibur jadi lebih menyenangkan dan aman, ya! Karena memang sekarang ini vaksinasi Covid-19 menjadi syarat utama ketika ingin bepergian, baik ke luar negeri maupun dalam negeri.


Ngomong-ngomong soal liburan, siapa di antara kamu yang mungkin ada rencana ingin pergi berlibur dalam waktu dekat? Kira-kira sudah memilih mau kemana? Memilih destinasi wisata untuk sekarang ini menjadi penting karena di sebagian wilayah Indonesia, telah memasuki musim hujan.


Meskipun berlibur saat musim hujan tidak kalah menyenangkan jika dibandingkan dengan musim panas. Terutama untuk wisata alam. Kondisi udara menjadi lebih bersih, pemandanganpun juga pasti lebih hijau. Begitupun dengan kamu yang mungkin mau mencoba olahraga rafting.


Sangat sempurna untuk dilakukan saat musim hujan karena air sungai sedang deras-derasnya. Karena itulah, buat kamu yang ingin pergi berlibur di musim hujan simak dulu beberapa tips berikut. Tips berlibur saat musim hujan ini didapat oleh GLITZMEDIA dari situs tiket.com.


TENTUKAN DESTINASI WISATA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau mau berlibur saat musim hujan penting sekali untuk menentukan destinasi atau tujuan berlibur. Buat kamu yang anak pantai dan laut, mungkin sebaiknya berpikir dua kali untuk pergi ke destinasi terkait saat musim hujan.


Karena Matahari pasti ngumpet, plus kondisi air laut juga cenderung keruh. Karena itulah kalau mau pergi berlibur di musim hujan, pilih destinasi alam yang ada di dataran tinggi. Seperti pegunungan, sawah, danau, sungai, dan lain sebagainya.


BAWA PAKAIAN YANG TEPAT

Selain menentukan destinasi wisata, memilih pakaian atau outfit yang tepat saat pergi berlibur di musim hujan juga penting. Pastikan untuk membawa jas hujan, payung, jaket musim dingin, sweater , pakaian lengan panjang, kaus kaki, sepatu yang tidak licin, bahkan sepatu hiking jika diperlukan.


Oh iya, jangan lupa juga untuk membawa tas nyaman yang anti air. Sehingga, ketika sedang berjalan-jalan turun hujan, kamu bisa melindungi semua barang-barang yang kamu bawa. Mulai dari dompet sampai alat-alat elektronik.


HATI-HATI DALAM MENGONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN

Tips berlibur saat musim hujan yang ketiga adalah berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Ketika musim hujan, tubuh jadi lebih rentan menerima berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya soal flu dan batuk, tetapi juga gangguan pencernaan alias diare.


Duh, kebayang kan betapa tidak nyamannya harus mengalami diare saat sedang berlibur? Selain tubuh menjadi lemas, momen liburanmu sudah pasti akan terganggu. Karena itu penting sekali untuk menjaga mulut alias tidak makan dan minum semua yang kamu mau.


Harus dipilih-pilih. Kira-kira mana makanan dan minuman yang tidak hanya lezat tapi juga aman untuk pencernaanmu. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin supaya kondisi kesehatan tubuhmu selama liburan bisa tetap terjaga.


RUTIN CEK PRAKIRAAN CUACA

Tips berikutnya juga tidak kalah penting, nih. Yaitu rutin mengecek prakiraan cuaca. Mulai dari saat berangkat dari rumah sampai waktu pulang tiba. Kenapa penting? Karena mengetahui kondisi cuaca di hari itu, membuat kamu jadi antisipatif.


Misalnya siap menghadapi jadwal penerbangan yang terlambat karena cuaca buruk, ikhlas tidak bisa pergi ke beberapa tempat wisata karena tahu cuaca tidak baik, dan lain sebagainya. Sehingga, kamu jadi lebih siap saat berlibur.


Tidak akan kecewa, marah, juga sedih, karena menganggap cuaca telah mengacak-acak rencana atau plan liburan yang sudah kamu susun.



(Foto: unsplash.com/heidi fin)


(Andiasti Ajani, foto: unsplash.com/s migaj)
Artikel Asli