4 Cara Atasi Kulit Kering Berjerawat, Praktis dan Efektif Lho

okezone | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 07:50
4 Cara Atasi Kulit Kering Berjerawat, Praktis dan Efektif Lho

HAMPIR setiap orang pernah mengalami muncul jerawat di wajah. Itu dirasakan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak maupun kombinasi. Namun, bagaimana dengan kulit kering? Apakah akan terbebas dari jerawat karena minimnya minyak di wajah.

Faktanya, ternyata jerawat juga bisa muncul di wajah dengan tipe kulit kering lho. Penyebab munculnya jerawat di wajah dengan kulit kering pun akibat beberapa faktor.

"Mulai dari salah memilih skincare, terlalu banyak menggunakan skincare, pubertas, hingga stres," ujar beauty influencer Amalia Rizky Cesaerini dalam live Instagram beberapa waktu lalu.

Lantas, adakah cara mengatasi kulit kering berjerawat? Jawabannya ada banget, berikut ini empat tips di antaranya.

Ilustrasi skincare

1. Gunakan skincare

Amalia mengatakan, sebenarnya mengatasi masalah kulit kering dan berjerawat itu mudah, karena hanya memerlukan rangkaian skincare basic yang terdiri dari facial cleanser, toner, serum, moisturizer, serta sunscreen untuk pagi hari.

"Moisturizer penting banget sebagai fondasinya, karena sifatnya melembapkan dan memperbaiki skin barrier. Kalau skin barrier-nya sudah bagus, maka jerawat akan jarang muncul. Jadi, moisturizer dan sunscreen ini enggak boleh dilewatkan," ujarnya.

2. Pilihan kandungan skincare

Kemudian kandungan skincare seperti centella asiatica (cica), mugwort, dan ceramid merupakan ingredients terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering berjerawat.

Kemudian dapat juga menggunakan bahan aktif berupa, AHA, BHA, dan retinol untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun untuk pemakaian bahan aktif tersebut harus dikondisikan dengan masalah kulit masing-masing.

"Kalau aku pakai skincare bahan aktif AHA, BHA, retinol itu dua kali seminggu tapi digunakan secara bergiliran (tidak digabungkan). Kalau pemula, bisa pakai seminggu sekali dulu. Nanti kalau cocok, penggunaannya bisa ditambah sesuai kondisi kulit," tuturnya.

Artikel Asli