Sering Orgasme Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Benar Gak Sih?

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 16 September 2021 - 05:30
Sering Orgasme Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Benar Gak Sih?

Orgasme bukanlah tujuan utama dari hubungan seks. Tapi, hubungan seks yang bisa mencapai orgasme tentu sangat memuaskan.Selain memuaskan, orgasme sejak dulu diklaim bisa membuat wanita panjang umur. Benarkah?

Tentu saja enggak secara langsung. Klaim ini sering diucapkan karena pada dasarnya orgasme memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pada saat kamu sehat secara fisik dan psikologis, maka kemungkinan besar untuk hidup lebih lama alias panjang umur. Tentu saja klaim ini hanya dilihat dari sisi medis saja, dan menyingkirkan "umur di tangan Tuhan".

Berikut empat alasan mengapa orgasme yang dialami wanita disebut bisa membuat panjang umur:

Mengurangi stres

Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh saat orgasme bisa menenangkan saraf, karena melawan efek kortisol, yang merupakan hormon stres.

Sebuah penelitian menunjukkan jika orgasme memberikan efek yang sama dengan suntikan valium. Adapun valium adalah obat yang mempengaruhi sistem saraf otak dan memberikan efek menenangkan.

Menjaga fungsi otak

Pada saat orgasme, ada peningkatan keseluruhan aliran darah dan oksigen yang baik untuk otak.

"Apa yang kita lihat adalah peningkatan yang sangat besar saat ejakulasi," kata Barry R. Komisaruk, seorang Profesor psikologi di Rutgers University yang berspesialisasi dalam ilmu perilaku dan kesehatan seksual.

Reaksi aliran darah yang diamati Komisaruk menunjukkan bahwa orgasme membawa nutrisi dan oksigen ekstra ke otak. Ini tentu sangat baik untuk menjaga fungsi otak.

Menjaga daya tahan tubuh

Aktivitas seksual dan orgasme dapat secara efektif meningkatkan respons imun yang baik. Orgasme meningkatkan jumlah absolut leukosit dan sel pembunuh alami dalam darah tepi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh enggak mudah terserang penyakit ringan seperti flu dan demam.

Selain itu, orgasme juga dapat meningkatkan sel-sel tubuh yang melawan infeksi hingga 20 persen.

Mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa oksitosin diklaim mampu membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Wanita yang dua kali orgasme dalam seminggu memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil terkena penyakit jantung. Meski begitu, hal ini butuh penelitian lebih lanjut.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang melakukan hubungan seks malam sebelumnya memiliki kontrol tekanan darah dan variabilitas detak jantung yang lebih baik saat berada dalam situasi stres pada hari berikutnya daripada wanita yang enggak aktif secara seksual, kata spesialis kesehatan seksual wanita Samantha Tojino dari Rumah Sakit Dokter Augusta di Georgia.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli