Pilek Berat? Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Efektif Redakan Hidung yang Tersumbat

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 14:15
Pilek Berat? Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Efektif Redakan Hidung yang Tersumbat

Di musim serta cuaca yang tak menentu, pilek memang menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Hidung tersumbat karena pilek pun sering menjadi permasalahan yang mengganggu kegiatan sehati-hari.

Untuk mengatasi hidung tersumbat karena pilek, ternyata kamu bisa lho menjadikan bumbu dapur sebagai obat alami untuk meredakan hidung tersumbat karena pilek.

Kira-kira bumbu dapur apa saja ya? Yuk, simak ulasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (15/9).

1. Kunyit

Kunyit memiliki kekuatan untuk mengobati berbagai penyakit berkat sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Selain itu, senyawa kurkumin dalam kunyit yang melawan bakteri dan virus, sehingga ampuh mengobati flu. Minumlah susu yang telah ditambahkan bubuk kunyit untuk menjaga kesehatan.

2. Jahe

Jahe adalah rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Jahe sudah biasa disajikan di rumah-rumah kebanyakan orang yang mengetahui bahwa Jahe dapat membantu mengatasi masalah kesehatan dan menjaga stamina tubuh. Jahe menjadi salah satu rempah untuk mengatasi hidung tersumbat.

Cara memanfaatkan jahe sangat mudah yaitu kupas jahe kemudian digeprek. Seduh jahe dengan air panas selama 15 menit. Setelah itu minum airnya. Cita rasanya memang sangat kuat, sekuat khasiatnya, jadi bertahanlah.

3. Daun mint

Daun mint mengandung zat antimikroba dan anti peradangan. Kedua zat tersebut dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Cara pakainya rebus daun mint selama 10-15 menit, kalau sudah silahkan ambil airnya. Minumlah air rebusan daun mint. Cita rasanya mungkin akan lebih cocok jika ditambahkan sesendok madu.

4. Jeruk lemon

Jeruk lemon mengandung vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba sehingga dapat menjadi obat alami untuk anosmia atau hidung tersumbat sehingga tak dapat mencium aroma. Seperti halnya jahe dan daun mint, cara memanfaatkan jeruk lemon sangat mudah yaitu dengan minum sari jeruk lemon.

Peras jeruk lemon lalu tambahkan air hangat. Setelah itu silahkan diminum. Untuk mempercepat penyembuhan, minumlah perasan jeruk lemon sehari dua kali.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung asam risinoleat yaitu zat anti peradangan dan antibakteri. Kandungan bawang putih itu dapat membantu kita mengatasi anosmia atau hidung tersumbat.

Cara memanfaatkannya ialah ambil beberapa siung bawang putih. Setelah itu digeprek lebih dulu, kalau sudah tambahkan secangkir air mendidih, kemudian rebus selama 2 menit. Silahkan minum air rebusannya saat masih hangat. Minum sebanyak dua kali sehari agar cepat pulih.

Itulah beberapa bumbu dapur yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan hidung tersumbat. Namun, jika gejala masih berlangsung lama, segera konsultasikan ke dokter ya.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli