5 Cara pakai sertifikat vaksin PeduliLindungi, nggak pakai ribet

brilio.net | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 13:19
5 Cara pakai sertifikat vaksin PeduliLindungi, nggak pakai ribet

Brilio.net - Seperti yang telah diumumkan pada Selasa (14/9), setiap masyarakat yang hendak berbelanja ke supermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Seperti bunyi dari salah satu poin Inmendagri Nomor 39 mengatakan, "Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLingkungan mulai 14 September 2021."

Aplikasi PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi khusus yang dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk memudahkan pemerintah melakukan pelacakan digital agar dapat mengurangi/menghentikan penyebaran virus Corona.

Jika kamu masih kurang paham terhadap cara pemakaian sertifikat vaksin PeduliLindungi ini, coba perhatikan 5 caranya berikut ini yang dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber.

1. Cara mengunduh.

foto: Pixabay/@mohamed Hassan

Anda cukup mengetikkan PeduliLindungi di Google Play atau App Store

2. Aktifkan lokasi.

foto: Pixabay/@mohamed Hassan

Setelah mengunduh, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan aktivasi lokasi, secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran Covid-19.

3. Cara cek status sertifikat vaksin.

foto: pedulilindungi.id

> Kunjungi situs https://pedulilindungi.id

> Lengkapi kolom Nama Lengkap dengan Nik Anda

> Kemudian centang kolom Captcha "I'm not a robot"

> Klik "Periksa" dan status sertifikat vaksin Anda akan muncul.

4. Solusi jika sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi.

foto: Pizabay/@Muhammad Ribkhan

> Kirim email ke sertifikat@pedulilindungi.id (FORMAT: Nama lengkap; NIK/KTP; Tempat, tanggal lahir; Nomor handphone; Keluhan)

> Lampirkan juga foto NIK/KTP, foto selfie dan foto kartu vaksin yang sudah kamu terima.

5. Daftar kegiatan atau tempat umum yang membutuhkan bukti sertifikat vaksin.

foto: Pixabay/@Michael Gaida from

> Perdagangan baik tradisional seperti pasar basah atau toko kelontong, maupun modern seperti mall atau department store.

> Kawasan industri dan perkantoran

> Transportasi darat, laut, maupun udara

> Pariwisata, hotel, restoran atau event

> Pendidikan

Manfaat aplikasi PeduliLindungi

1. Memberikan peringatan serta kesadaran kepada masyarakat. Jika berada di situasi atau kawasan zona merah, aplikasi ini akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan.

2. Aplikasi ini juga akan memberi peringatan kepada kamu jika di lokasi terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau sedang dalam pengawasan.

3. Dengan menggunakan aplikasi ini, memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan masyarakat yang terkena Covid-19 selama 14 hari terakhir. Dengan ini pemerintah menjadi lebih mudah mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

Artikel Asli