Hati-hati Vertigo, Ini Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 13:19
Hati-hati Vertigo, Ini Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Bisnis.com, JAKARTA -Banyak dari kita yang akrab dengan perasaan pusing saat berbaring di tempat tidur dan kemudian berdiri secara tiba-tiba. Ada juga saat dimana seseorang mengalami pusing yang mengganggu keseimbangannya. Mengapa itu terjadi?

Dr Pawan Ojha, ahli saraf senior di Rumah Sakit Hiranandani, Rumah Sakit Jaringan Vashi-A Fortis, mengatakan ini bisa menjadi tanda 'vertigo'. Pusing mungkin menyiratkan vertigo, pingsan, keseimbangan tubuh yang buruk. Vertigo adalah jenis pusing di mana Anda merasa seperti berputar. Perasaan ini dapat berlangsung dari beberapa detik hingga berhari-hari dan sering memburuk .

Menurut dokter, vertigo umumnya disebabkan oleh penyakit sistem vestibular. Sistem vestibular di dalam telinga bagian dalam membantu dalam merasakan posisi kepala kita di ruang relatif terhadap tubuh, dan bekerja secara terintegrasi dengan otak untuk mempertahankan posisi tubuh. Vertigo dapat disebabkan oleh penyakit saraf vestibular atau bagian otak yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh.

Seberapa besar masalah itu?

Penyakit yang berhubungan dengan telinga bagian dalam dan suplai sarafnya umumnya dianggap kurang mengkhawatirkan. 'Vertigo posisional jinak' sering menyebabkan vertigo yang paling parah tetapi dapat diobati dengan mudah, kata dokter.

Penyebab penting lainnya dari vertigo adalah 'neuritis vestibular' yang terjadi karena infeksi virus atau penyakit autoimun pada saraf vestibular, di mana vertigo, mual, atau muntah dapat berlangsung hingga beberapa hari.

"Penyakit Meniere disebabkan oleh penumpukan cairan di saluran telinga bagian dalam, menyebabkan vertigo episodik dengan telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Penyebab pastinya tidak jelas, infeksi virus, reaksi autoimun atau komponen genetik bisa menjadi pemicunya, jelas Dr Ojha.

Dia menambahkan bahwa vertigo yang disebabkan oleh penyakit otak harus dianggap mengkhawatirkan dan segera diobati. Stroke adalah kondisi penting dan serius yang menyebabkan pusing. Selain itu, infeksi otak, multiple sclerosis, hipotiroidisme dan gangguan biokimia lainnya dapat menyebabkan vertigo bahkan tanpa demam.

Tanda peringatan

Jika itu adalah penyebab vertigo yang serius, tanda-tandanya termasuk sakit kepala parah, muntah dan ketidakseimbangan terus-menerus, penglihatan ganda, masalah penglihatan, kehilangan pendengaran mendadak, atau tanda-tanda awal stroke otak (kelemahan atau mati rasa di lengan atau kaki, wajah terkulai ke satu sisi). kesulitan saat berbicara atau menelan). Orang yang berusia 60+, dengan diabetes, hipertensi, merokok dan riwayat penyakit jantung atau stroke otak, harus ekstra hati-hati, dokter memperingatkan.

Batasi asupan natrium, hindari kafein, cokelat, alkohol, dan tembakau. Jika didiagnosis tepat waktu, stroke otak dapat diobati secara efisien dengan penghilang gumpalan darah dan/atau pengobatan intervensi. Jika vertigo disebabkan oleh masalah serius lainnya, seperti tumor otak atau cedera pada otak atau leher, perawatan bedah mungkin diperlukan, kata Dr Ojha.

Artikel Asli