Dari Main Catur hingga Karya Seni Bisa Perbaiki dan Optimalkan Otak Anda

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 12:57
Dari Main Catur hingga Karya Seni Bisa Perbaiki dan Optimalkan Otak Anda

Bisnis.com, JAKARTA Neuroplastisitas didefenisikan sebagai kemampuan otak untuk membentuk dan mengatur kembali koneksi sinaptik, terutama sebagai respons terhadap pembelajaran atau pengalaman atau setelah cedera. Pada dasarnya, ini adalah kemampuan otak untuk belajar dan beradaptasi.

Kita memiliki kekuatan untuk benar-benar mengembangkan otak kita dengan cara yang kita inginkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif kita.

Sangat penting untuk memahami hal ini sehingga kita dapat meluangkan waktu untuk bekerja meningkatkan fungsi otak kita dan untuk membantu kita dalam aspek kehidupan lainnya, daripada tidak melakukan apa-apa dan berharap untuk hasil yang lebih baik.

Berikut latihan neuroplastisitas yang efektif untuk memperbaiki dan mengoptimalkan otak Anda, melansir Clear Skin Regime, Rabu (15/9/2021).

1. Dapatkan waktu tidur yang berkualitas dan bermakna

Ini adalah salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan. Penting dicatat bahwa tidur berperan penting dalam fungsi kognitif Anda.

Lebih khusus lagi, menurut sebuah penelitian, ketika seseorang tidur, otak mengatur ulang dirinya sendiri, menghilangkan produk sampingan limbah beracun yang mungkin menumpuk sepanjang hari. Bukti ilmiah baru ini penting karena menunjukkan bahwa tidur dapat membersihkan sarang laba-laba di otak dan membantu mempertahankan fungsi normalnya.

Tidak hanya tidur yang penting, tetapi kualitasnya bahkan lebih penting. Hanya karena Anda berada di tempat tidur selama 6 hingga 8 jam per malam tidak berarti Anda tidur selama 6 hingga 8 jam.

Sering bolak-balik ke kamar mandi, suhu panas, pencernaan yang berat, dan hambatan lainnya dapat sangat menurunkan kualitas tidur Anda dan dengan demikian, merusak proses pemulihan kognitif.

2. Gunakan tangan non-dominan Anda lebih sering

Ini adalah cara terbaik untuk merangsang sisi lain dari otak Anda dan membentuk jalur baru bagi neuron untuk melakukan perjalanan. Secara khusus, bagian depan otak N30 dirangsang saat melakukan aktivitas dengan tangan yang tidak dominan.

Peningkatan amplitudo N30 mungkin merupakan hasil dari gerbang sensorik yang berubah dari area motorik yang diketahui secara khusus aktif selama gerakan tangan yang tidak dominan.

Cobalah melakukan tugas-tugas sederhana seperti menyikat gigi, makan, atau mencuci piring dengan tangan yang tidak dominan dan lihat sendiri manfaatnya.

3. Main catur

Kita semua pernah mendengar betapa pintarnya orang-orang yang bermain catur. Tapi kenapa? Alasannya karena bermain catur adalah cara yang bagus untuk merangsang korteks prefrontal di otak Anda.

Semakin banyak otak Anda belajar untuk beradaptasi dan melihat pola-pola baru, kemampuan kognitif Anda secara keseluruhan akan semakin berkembang. Tambahkan catur ke salah satu hobi baru Anda bersama teman atau mainkan permainan catur online kapan pun Anda memiliki waktu luang.

4. Perluas kosakata Anda

Para ahli telah mengklaim bahwa mempelajari kosa kata baru akan menciptakan lebih banyak jalur saraf di otak Anda dan meningkatkan kemampuan kognitif visual dan pendengaran Anda.Cara sederhana untuk meningkatkan kosa kata Anda secara keseluruhan adalah dengan membaca lebih sering dan menantang diri Anda sendiri dengan bacaan yang lebih sulit dari waktu ke waktu.

5. Pola makan sehat

Sangat penting untuk tetap berpegang pada diet sehat agar fungsi otaknya optimal. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat, antioksidan, dan berbagai vitamin atau mineral akan memastikan bahwa otak Anda memiliki apa yang dibutuhkan untuk menjadi yang terbaik.

6. Pelajari bahasa baru

Sama seperti memperluas kosakata, belajar bahasa dapat memperluas jalur saraf dan memperkuat konektivitas antar daerah. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan belajar Anda dan neuroplastisitas secara keseluruhan.

7. Membuat karya seni

Lukisan atau bentuk karya seni lainnya adalah cara sempurna untuk menargetkan perkembangan otak Anda. Menciptakan karya seni meningkatkan konektivitas otak saat istirahat yang dapat meningkatkan introspeksi, memori, empati, perhatian, dan fokus. Jadi, bergabunglah dengan kelas seni atau lakukan lukisan DIY di rumah dan saksikan otak Anda berkembang.

Artikel Asli