Dokter Ungkap Cara Mencegah Penularan Covid-19 saat Bercinta: Jangan Berhadapan

limapagi.id | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 11:54
Dokter Ungkap Cara Mencegah Penularan Covid-19 saat Bercinta: Jangan Berhadapan

LIMAPAGI - Pandemi Covid-19 belum usai, penularan terus terjadi salah satunya karena droplets atau cairan yang keluar ketika bersin, hingga batuk.

Di tengah kondisi ini banyak yang bertanya mengenai berhubungan seksual apakah aman di tengah pandemi? Sementara berhubungan seksual memang melibatkan kontak erat antara suami istri.

Berhubungan seksual memang merupakan kebutuhan biologis yang dipenuhi oleh pasangan suami istri. Lantas, bagaiamana agar tetap aman?

"Pandemi ini sah-sah saja, tapi kita punya petunjuknya agar risiko minimal," kata dr. Samuel. P. K. Sembiring, Health Educator dalam acara webinar, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman berhubungan seksual di tengah pandemi Covid-19.

"Pertama tidak dalam masa isolasi mandiri, kedua tinggal serumah, tidak ada keluhan dan gejala menyerupai Covid-19," tambahnya.

Tertuang di laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa gejala Covid-19 yang biasa terjadi seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, hilang penciuman, hingga nyeri.

Menurut dokter Samuel, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan jika tidak tinggal serumah dengan pasangan suami dan istri, atau pasangan bekerja dengan kontak banyak orang.

"Harus mandi terlebih dahulu sebelum dan sesudah berhubungan seksual, kemudian sebisa mungkin tidak saling berhadapan," tambahnya.

Selalu itu ia juga menegaskan saat berhubungan seksual sebisa mungkin menggunakan masker, hindari ciuman hingga oral.

"Intinya nggak masalah tapi ada beberapa petunjuk yang harus di ikuti agar meminimalisir penularan," pungkasnya.

Artikel Asli