Digunakan Sebagai Obat Diabetes, Ketahui Fakta dan Efek Samping Metformin

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 12:10
Digunakan Sebagai Obat Diabetes, Ketahui Fakta dan Efek Samping Metformin

Metformin adalah obat yang bekerja dengan cara mengurangi kadar gula darah, dan membuat tubuh lebih peka terhadap insulin. Banyak dokter merekomendasikan metformin sebagai obat diabetes. Efek sampingnya yang dinilai lebih minim dibandingkan dengan obat lainnya.

Meski efek sampingnya yang minim, mengonsumsi metformin tetap harus dengan pengawasan dokter. Simak ulasan berikut ini tentang fakta dan efek samping obat metformin untuk penderita diabetes.

Mengenal obat Metformin

Metformin adalah obat antidiabetik oral yang sangat efektif untuk pengobatan diabetes. Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, dan harus digunakan sesuai dengan resep dokter.

Dilansir dari website resmi Hexparm Jaya, produsen resmi metformin, obat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar gula darah. Namun tidak meningkatkan sekresi insulin.

Sehingga obat ini cocok untuk terapi bagi penderita diabetes yang tidak ketergantungan insulin. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk terapi tambahan bagi mereka yang mengalami ketergantungan insulin dan memiliki gejala yang sulit dikontrol.

Efek samping obat Metformin

Saat mengonsumsi metformin, beberapa efek samping mungkin saja muncul, namun selama ini sangat jarang terjadi. Biasanya efek yang terjadi, yaitu:

Jika saat mengonsumsinya kamu merasakan reaksi alergi atau efek samping yang terlalu ekstrim, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Efek menghentikan penggunaan obat Metformin

Menurut Journal of Diabetes, Obesity and Metabolism, efek samping metformin yang paling umum terjadi adalah diare dan perut kembung. Efek samping tersebut menyebabkan banyak orang menghentikan penggunaan metformin dan hanya mengonsumsinya selama satu atau dua minggu.

Tapi tak sedikit orang yang tidak mengalami efek samping, juga menghindari penggunaan obat ini dalam jangka panjang. Padahal, mengonsumsi metformin harus disertai dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Kebanyakan dari mereka yang berhenti mengonsumsi metformin, menganggap bahwa mereka mampu mengelola penyakit diabetes hanya dengan merubah gaya hidup. Perlu diketahui, berhenti mengonsumsi metformin secara tiba-tiba, bisa membuat penyakit diabetes yang kamu derita semakin tidak terkendali.

Nah, itulah informasi mengenai metformin, obat yang umum digunakan untuk penderita diabetes. Penggunaan obat ini biasanya disesuaikan dengan kondisi kesehatan penderitanya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsinya di bawah pengawasan medis, agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jangan lupa untuk mematuhi aturan dan dosis yang diberikan oleh dokter ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli