Awas Keseringan Makan Bakso Bisa Kena Kanker! Ketahui Faktanya

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 11:35
Awas Keseringan Makan Bakso Bisa Kena Kanker! Ketahui Faktanya

Siapa yang bisa menolak makan bakso? Bola-bola kenyal dan gurih ini sudah pastinya menjadi salah satu makanan favorit setiap orang. Terlebih lagi, bakso semakin nikmat disantap ketika sedang dingin dan turun hujan. Akhirnya, jadi ketagihan dan mau nambah terus.

Sebenarnya, tak masalah mengonsumsi bakso. Sebab makanan ini terbuat dari daging yang mengandung protein. Namun jika dikonsumsi berlebihan, ada dampak buruk yang akan dirasakan.

Apa sih bahayanya kalau keseringan makan bakso? Simak informasinya.

Kandungan gizi di dalam Bakso

Di awal sudah dijelaskan bahwa bakso tak sepenuhnya berbahaya bagi tubuh. Karena terbuat dari daging, baik itu daging sapi, ayam, maupun ikan, bakso mengandung protein yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Bukan hanya itu saja, bahan-bahan campuran lainnya juga menambah zat gizi yang ada dalam bakso, seperti:

  • Ikan mengandung protein, Omega 3 dan 9;
  • Telur mengandung protein, kalsium, dan zat besi;
  • Daging sebagai sumber vitamin, mineral, protein, dan zat besi;
  • Tepung terigu mengandung karbohidrat;
  • Secara lebih rinci, dalam seporsi bakso sedang, terdapat 57 kalori, 3,69 gram lemak, 2,12 gram karbohidrat, dab 3,47 gram protein.

Di samping itu, apabila bakso yang dikonsumsi ternyata dibuat secara baik dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, kandungan yang ada di dalamnya bisa meliputi:

Bahaya kebanyakan makan bakso

Meski bakso juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik bagi tubuh. Hanya saja, makanan yang satu ini akan berbahaya dimakan jika sudah dicampur dengan zat-zat kimia, seperti boraks atau formalin.

Belum lagi kalau bakso yang dimakan ternyata dicampur dengan vetsin alias MSG ( monosodium glutamate ). Memang penambahan MSG akan memperkaya rasanya, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, maka dapat menyebabkan kerusakan sel saraf hingga Chinese restaurant syndrome .

Untuk lebih jelasnya, simak sejumlah bahaya kebanyakan makan bakso di bawah ini:

Menyebabkan gangguan sistem saraf pusat

Kebanyakan makan bakso dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem saraf pusat otak. Hal ini terutama disebabkan apabila mengonsumsi bakso yang ditambahkan formalin maupun boraks.

Akibatnya cukup mengkhawatirkan bagi anak-anak karena mampu memicu keterbelakangan mental serta memengaruhi daya pikir dan keterampilan motorik.

Memicu tekanan darah tinggi

Penambahan vetsin yang terlampau banyak pada bakso dapat menuntun kepada hipertensi (tekanan darah tinggi). Hal ini ditandai dengan gejala awal seperti mual dan sakit kepala. Gejala ini mirip seperti Chinese restaurant syndrome .

Munculnya gangguan pada usus

Boraks umumnya ditambahkan supaya bakso memiliki tekstur lebih kenyal. Hanya saja, kebanyakan makan bakso seperti itu memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Salah satunya adalah memicu masalah pada usus. Zat kimia tersebut mampu memicu iritasi dan inflamasi (radang) pada dinding usus.

Alhasil, kinerja usus dalam mencerna makanan tidak dapat optimal. Jika sudah begini Moms akan merasakan sakit melilit sepanjang malam akibat dari luka pada usus yang disebabkan oleh boraks tadi.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bakso dengan tambahan zat kimia ternyata bisa mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah lho, Moms. Kondisi ini tentu cukup berbahaya, terutama untuk pembuluh darah yang menuju jantung.

Apabila penyempitan pembuluh darah terjadi, maka pasokan darah menuju jantung akan berkurang. Inilah yang memicu terjadinya berbagai macam penyakit jantung, salah satunya serangan jantung.

Merangsang naiknya asam lambung

Selain boraks, formalin, dan vetsin, cuka pada bakso juga berbahaya jika kebanyakan. Pemakaian cuka yang berlebihan ternyata dapat merangsang naiknya asam lambung.

Sebagai akibatnya, perut akan terasa nyeri, mual, dan muncul rasa tidak nyaman pada bagian ulu hati. Di samping itu, kebanyakan makan bakso yang mengandung cuka juga dapat merusak email gigi.

Memicu kanker

Penambahan boraks dan formalin dalam makanan dilarang karena kedua bahan tersebut memang bukan diperuntukkan masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena keduanya memungkinkan terjadinya kerusakan sel dalam DNA. Lambat laun, sel kanker bisa tumbuh dan menggerogoti tubuh.

Itulah informasi tentang bahaya keseringan makan bakso. Ingat, semua yang berlebihan itu nggak baik. Sekali-kali makan bakso masih boleh kok. Namun, lebih baik lagi kalau membuatnya sendiri di rumah.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli