7 Manfaat Terong Putih yang Jarang Diketahui, Khasiatnya Dahsyat Bisa Cegah Diabetes Juga!

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 11:45
7 Manfaat Terong Putih yang Jarang Diketahui, Khasiatnya Dahsyat Bisa Cegah Diabetes Juga!

Terung atau terong merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari oleh sebagian masyarakat. Jenis sayuran ini mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bahkan, banyak pula yang menjadikan terong atu terus ini sebagai lalapan.

Jenis terung ungu maupun terung hijau yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, ternyata ada jenis terung lain, yakni terung putih. Terung putih adalah jenis terung yang memiliki warna putih seperti lobak.

Meskipun belum populer seperti terung ungu dan terung hijau, terung putih memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan karena terdapat berbagai kandungan di dalamnya.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam terung putih di antaranya: vitamin K; vitamin E; niacin; tiamin; folat; ribloflavin; nasunin; striknin; skopolamin; skopoleti; dan skoparon.

Enggak hanya itu, terung putih juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut ini khasiat mengonsumsi terung putih yang sangat dahsyat untuk kesehatan, wanita bakal ketagihan:

1. Membunuh Bakteri Dalam Tubuh

Terung putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit yang disebabkan karena serangan bakteri. Hal ini disebabkan karena terung putih dapat membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam terung putih dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini yang disebabkan karena adanya radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Jika rutin mengonsumsi terung putih, wanita akan terbelalak melihat hasilnya.

3. Membuat badan langsing

Terung tinggi serat dan rendah kalori, menjadikannya sebagai makanan yang memiliki manfaat untuk mengontrol bahkan menurunkan berat badan.

Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Setiap cangkir (82 gram) terung mengandung 3 gram serat dan hanya mengandung 20 kalori.

Selain kaya nutrisi, air terong juga bersifat diuretik yang akan mengeluarkan cairan yang tertahan dalam tubuh (retensi cairan), cairan yang tertahan dalam tubuh inilah yang biasanya membuat seseorang tampak lebih gemuk.

Itu sebabnya air terung baik untuk mendetoksifikasi dan membuat tubuh lebih langsing.

4. Mencegah Diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan jenis terung lainnya, namun terong putih ini enggak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Malahan, terong putih dapat membantu menurunkan gula darah berlebih dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes.

5. Mengatur Kadar Gula

Menambahkan terung sebagai salah satu daftar makanan diet dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

Hal ini dikarenakan terung mengandung serat yang tinggi. Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang lebih lambat membuat kadar gula darah stabil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa polifenol, atau senyawa tumbuhan alami, yang ditemukan dalam makanan seperti terung dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang keduanya dapat membantu menurunkan gula darah.

6. Melancarkan Aliran Darah

Kandungan dalam terung putih dapat membersihkan lemak yang berada pada aliran darah, yang dapat menyebabkan penghambatan aliran darah.

Terung putih dapat mengurai lemak dan membersihkannya, serta mencegah penumpukan lemak pada aliran darah. Sehingga aliran darah dapat lancar kembali.

7. Mencegah Terjadinya Anemia

Terung putih memiliki senyawa yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Sehingga bagi kamu yang sering merasa lemas dan pusing karena kekurangan sel darah merah, Anda dapat mengonsumsi terung putih untuk membantu menambah sel darah merah dalam tubuh

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli