Alami Kurang Darah Saat Hamil? Yuk Coba 5 Buah Sehat Ini Untuk Menambah Darah Secara Alami

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 10:50
Alami Kurang Darah Saat Hamil? Yuk Coba 5 Buah Sehat Ini Untuk Menambah Darah Secara Alami

Kehamilan tentu mengubah banyak hal dalam diri, tak terkecuali fungsi kerja tubuh. Ketika hamil, mungkin Moms rentan menderita kurang darah atau anemia.

Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kekurangan asam folat sehingga kekurangan sel darah merah. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu akan merasa lemah, lesu, dan pusing di masa kehamilan. Selain itu, bayi yang dilahirkan juga berisiko memiliki berat badan rendah, Moms.

Untuk mencegah dan mengatasi kurang darah, Moms bisa mengonsumsi aneka buah penambah darah untuk ibu hamil. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Buah Bit

Sudah bukan rahasia lagi jika buah bit yang berwarna ungu kemerahan ini ternyata mengandung vitamin C dan juga asam folat yang tinggi. Kedua nutrisi dan vitamin ini terbukti mampu mengatasi anemia dan juga berkontribusi terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Moms bisa mengonsumsi buah bit dengan cara di jus agar lebih nikmat.

Buah Aprikot

Buah aprikot yang berwarna oranye kekuningan ini punya rasa manis yang menyegarkan. Dalam 100 gram aprikot mengandung sekitar 2,7 mg zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian demi mencegah anemia.

Selain itu, buah aprikot juga berperan untuk menekan kadar kolesterol dalam darah karena sifatnya mudah larut dalam air dan mampu mengikat asam lemak, kemudian membuangnya lewat ekskresi.

Buah Delima

Buah delima merupakan sumber zat besi alami yang meningkatkan kadar darah dalam tubuh dengan cepat. Buah delima dipercaya dapat meningkatkan hemoglobin ibu hamil.

Buah ini juga sekaligus menutrisi tubuh karena mengandung beragam vitamin yang baik untuk masa kehamilan. Kandungan vitamin di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, buah delima juga kaya akan asam folat untuk mencegah cacat pada janin.

Buah Kurma

Kekurangan darah erat kaitannya dengan kebutuhan zat besi yang tidak terpenuhi. Kurma ternyata mampu memenuhi kebutuhan tersebut lho, Moms.

Dalam 100 gram kurma mengandung sekitar 4,79 mg zat besi. Selain itu, kurma tinggi akan antioksidan, kalsium, fosfor, sodium, potasium, magnesium, dan seng. Kandungan serat dalam kurma juga cukup tinggi.

Buah Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Selain menyegarkan tubuh, semangka ternyata juga mengandung zat besi untuk mencegah anemia lho.

Menurut USDA, 100 gram semangka segar memiliki sekitar 0,24 gram zat besi. Tidak hanya itu, semangka juga kaya akan vitamin C yang menambah efisiensi zat besi non-heme dalam tubuh. Sebagai sumber likopen dan beta-karoten yang baik, semangka membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Dalam masa kehamilan, kebutuhan zat besi ibu hamil meningkat seiring dengan usia kehamilan. Dibutuhkan sekitar 20 hingga 48 mg zat besi per hari untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Oleh itu, penting mengonsumsi asupan makanan mengandung zat besi yang beragam, termasuk buah penambah darah untuk ibu hamil di atas.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli