Cara Membuat Ayam Presto Tulang Lunak, Pakai Resep Spesial Bumbu Makin Lezat

inewsid | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 10:41
Cara Membuat Ayam Presto Tulang Lunak, Pakai Resep Spesial Bumbu Makin Lezat

JAKARTA, iNews.id - Ayam goreng merupakan salah satu hidangan yang sering dimasak sehari-hari. Biasanya, ayam goreng diolah dengan cara diungkep, kemudian digoreng.

Kali ini, jika ingin mencicipi ayam goreng yang berbeda dari biasa, Anda bisa membuat ayam presto tulang lunak. Dagingnya lembut dan bumbu meresap hingga ke tulang.

Tidak terlalu sulit untuk membuat ayam presto tulang lunak. Ada trik dan cara khusus agar hasil ayam masak sempurna.

"Untuk membuat ayam presto ini, gak begitu sulit asalkan betul-betul diperhatikan caranya. Ayam presto ini awet bisa disimpan di freezer sebagai stok makanan dan tentu aja istimewa karena harumnya tidak seperti ayam goreng biasa," tulis Instagram @andinskitchen.

"Saya pakai ayam negeri jadi saya tidak tau kalau pakai ayam kampung berapa lama matangnya, cek sendiri saja tiap 1 jam buka panci presto lalu tambah air dan waktu prestonya".

Cara membuat ayam presto tulang lunak bisa Anda kreasikan. Termasuk memasak dengan menggunakan resep spesial ini. Ingin tahu apa saja resep spesial dan cara membuat ayam presto tulang lunak yang enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @ andinskitchen , Rabu (15/9/2021).

Bahan:

2 kg ayam (2 ekor)
3 liter air
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu bubuk

Bumbu halus:

3 sdt jinten bubuk
2 sdt kunyit bubuk
3 sdt ketumbar bubuk
5,5 pekak/bunga lawang
16 butir kapulaga
7 butir kemiri
20 siung bawang merah
18 siung bawang putih

Bumbu daun:

7 lembar daun salam
3 batang serai geprek
15 cm lengkuas geprek
10 cm jahe geprek
14 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

1. Pada panci presto terbuka, didihkan air. Masukkan ayam, bumbu halus, dan bumbu daun. Beri garam dan kaldu bubuk. Masak sampai ayam matang tidak berdarah lagi. Koreksi rasa airnya.
2. Tutup panci presto, masak selama 1 jam dengan api sedang. Matikan api, keluarkan uap panci lalu buka pancinya. Jangan diaduk nanti rusak ayamnya. Perkirakan airnya cukup untuk presto satu jam lagi. Koreksi rasa. Bila dirasa airnya kurang, silakan tambah.
3. Tutup panci presto lalu masak lagi dengan api sedang selama satu jam. Matikan api, keluarkan uap pada panci, buka panci presto. Diamkan semalaman di suhu ruang agar kuah bumbu benar-benar meresap.
4. Tiriskan ayam perlahan sebagai stok, masukkan freezer, goreng sesuai selera kematangan bila ingin langsung disantap. Sajikan.

Artikel Asli