Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Payudara Selalu Terasa Gatal

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 10:15
Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Payudara Selalu Terasa Gatal

Payudara yang gatal memang bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu dan membuat wanita tak nyaman ketika berada di depan umum.

Payudara yang gatal pun bisa membuat wanita tak fokus saat sedang berkegiatan karena rasa gatal yang tak tertahankan.

Dilansir dari Hellosehat.com , payudara gatal bisa dialami oleh perempuan manapun. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari bra yang terlalu ketat atau adanya perubahan hormon.

Namun, tetap jangan disepelekan ya, pasalnya, gatal pada payudara bisa membuat payudara iritasi dan semakin mengganggu aktivitas.

Berikut 5 penyebab payudara terasa gatal, dilansir dari Suara.com , Rabu (15/9).

1. Iritasi Payudara

Melansir Women's Health, payudara gatal bisa jadi tanda penyakit iritasi pada bagian tubuh tersebut. Iritasi payudara bisa disebabkan gesekan bra dengan payudara atau puting yang berlebihan. Kontak yang intens tersebut menyebabkan kulit sekitar payudara atau puting lebih kering. Gesekan itu bisa timbul saat bra tidak pas.

Misalkan saat payudara kanan dan kiri ukurannya berlainan. Sehingga salah satu bagian payudara lebih rentan tergesek-gesek bra. Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu mencari bra yang pas atau memiliki bahan berkualitas untuk meminimalkan dampak gesekan.

2. Bahan kimia

Bahan-bahan kimia yang ada pada parfum, losion, hingga krim yang kamu gunakan juga bisa memicu gatal-gatal, apalagi jika digunakan di area payudara.

3. Perubahan hormon

Menstruasi dan kehamilan bisa membuat payudara gatal-gatal. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon. Biasanya, gatal di payudara karena perubahan hormon juga dibarengi dengan pembengkakan dan nyeri ketika ditekan.

4. Jamur

Infeksi jamur di area payudara bisa membuatnya gatal-gatal. Salah satunya, infeksi jamur kandidiasis intertriginosa, yang biasa terjadi di lipatan payudara. Melansir Healthline, infeksi jamur kandidiasis memang terkadang menyerang area seputar payudara.

Gejala utama gatal-gatal karena jamur adalah munculnya ruam merah. Untuk pengobatan, kamu bisa menggunakan obat antihistamin dan antijamur.

5. Kanker payudara

Di beberapa kasus yang jarang terjadi, gatal pada payudara juga bisa jadi tanda penyakit kanker payudara jenis paget. Jenis kanker payudara langka ini terjadi pada puting, kemudian menyebar ke areola, dan kerap menimbulkan ruam merah bersisik di sekitar payudara.

Itulah beberapa penyebab payudara gatal. Jangan disepelekan dan segera konsultasikan ke dokter bila terus berlanjut.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli